Aligator Mississippi Terbesar Ditangkap, Berat 364 Kg dan Panjang 4,3 Meter

Jum'at, 01 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
Aligator Mississippi Terbesar Ditangkap, Berat 364 Kg dan Panjang 4,3 Meter
Para pemburu berpose dengan aligator raksasa yang berhasil ditangkap di Red Antler Processing, fasilitas pemrosesan hewan liar di Kota Yazoo. Foto/Red Antler Processing/Live Science
A A A
JACKSON - Seekor aligator raksasa seberat 364 kilogram dan panjang 4,34 meter ditangkap para pemburu dari Sungai Yazoo, Mississippi, Amerika Serikat (AS). Ini merupakan aligator terpanjang dan terbesar yang berhasil ditangkap.

Para pemburu menangkap aligator jantan raksasa pada Sabtu 26 Agustus 2023 selama musim berburu aligator. MDWFP menetapkan waktu berburu aligator selama 10 hari di Mississippi, pada hari Jumat terakhir bulan Agustus setiap tahun.

Para pemburu melihat aligator raksasa itu dan menangkapnya sekitar pukul 9 malam waktu setempat. Para pemburu membutuhkan waktu tujuh jam untuk menaklukkan dan membunuh binatang itu.



“Kami mengaitkannya delapan atau sembilan kali dan terus talinya putus. Penangkapan ini melelahkan secara mental daripada apa pun karena aligator terus bergerak,” kata Donald Woods, seorang pemburu kepada Clarion Ledger dari outlet berita Jackson, Mississippi, dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Jumat (1/9/2023).

Setelah mengangkat aligator ke perahu para pemburu menyadari betapa besarnya buaya itu. Mereka kaget melihat betapa lebar punggungnya dan ukuran kepala yang besar. “Itu sungguh tidak nyata, sejujurnya,” ujarnya.
Aligator Mississippi Terbesar Ditangkap, Berat 364 Kg dan Panjang 4,3 Meter


Menurut Departemen Margasatwa, Perikanan, dan Taman Mississippi (MDWFP) rekor aligator terbesar yang pernah ditangkap seberat 347,5 kg dan panjang 4,29 meter. Aligator tersebut ditangkap di dekat kota bagian barat dari Natchez tahun 2017.

Tim pemburu memberi tahu koordinator Program Buaya Departemen Margasatwa, Perikanan, dan Taman Mississippi (MDWFP) Andrew Arnett. Kemudian MDWFP secara resmi mengukur dan menimbang hewan tersebut sebelum mengumumkan rekor baru tersebut.



Aligator (Alligator mississippiensis) berasal dari Amerika bagian tenggara dan ditemukan di seluruh Mississippi. Memburu dan menangkap aligator di luar musim berburu dan tanpa izin khusus dari MDWFP adalah tindakan ilegal.

Pemegang izin boleh menangkap dua aligator dengan panjang lebih dari 4 kaki (1,2 m) dan satu aligator dengan panjang lebih dari 7 kaki (2,1 m), untuk mendistribusikan tekanan perburuan pada hewan dewasa dan remaja. Aligator Amerika terbesar yang pernah tercatat adalah buaya raksasa berukuran 15 kaki 9 inci (4,8 meter) yang ditangkap di Alabama pada tahun 2014 dengan berat 1.011,5 pon (459 kg).

Tingkat pertumbuhan aligator melambat seiring bertambahnya usia dan bergantung pada jenis kelamin, usia, dan habitat hewan tersebut. Aligator jantan biasanya tumbuh lebih cepat dan lebih besar dibandingkan aligator betina, namun panjangnya jarang melebihi 13 kaki atau 4 meter.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)