alexa snippet

Kodim 1014 Pangkalan Bun Amankan 29 Pucuk Senpi Rakitan

Kodim 1014 Pangkalan Bun Amankan 29 Pucuk Senpi Rakitan
Sebanyak 29 pucuk senjata api (senpi) rakitan disita anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Foto/MNC Media/Sigit Dzakwan
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Sebanyak 29 pucuk senjata api (senpi) rakitan disita anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Puluhan senpi rakitan ini didapat dari hasil sitaan dan juga serahan warga.

"29 pucuk senpi rakitan ini hasil dari operasi yang dilakukan jajaran kita di koramil di dua kabupaten, yakni Kabupaten Sukamara dan Lamandau. 28 jenis laras panjang dan satu revolver rakitan," ujar Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Wisnu Kurniawan di Makodim, Selasa (21/3/2017).

Puluhan senpi rakitan itu diamankan sejak Januari hingga Maret 2017. Mayoritas pemiliknya adalah para pemburu binatang yang bermukim di pedalaman.

"Memang mayoritas pemiliknya para pemburu. Kalau dengan sukarela menyerahkan justru kita apresiasi. Tapi kalau sudah diberi sosialisasi dan belum juga diserahkan langsung kita sita. Senjata ini sangat berbahaya jika digunakan untuk tindak kriminal," ujarnya.

Dia menambahkan, selain puluhan senpi, TNI juga mengamankan sejumlah bubuk mesiu yang digunakan warga sebagai bahan pembuatan peluru. "Kalau pelurunya ada juga yang organik tapi kebanyakan mereka buat sendiri dengan cara dicetak dengan timah yang di dalamnya diberi bubuk mesiu. Bubuk mesiunya juga kita amankan, ada beberapa gram."
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top