Kebakaran Hutan Lereng Gunung Lawu, 9 Hektare Lahan Ludes

Kamis, 31 Agustus 2023 - 07:34 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Lereng Gunung Lawu, 9 Hektare Lahan Ludes
Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Lawu, tepatnya di petak 42 RPH Tlogodringo, Lawu Utara, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Foto/iNews TV/Zannuar Setiadji
A A A
KARANGANYAR - Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Lawu, tepatnya di petak 42 RPH Tlogodringo, Lawu Utara, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kebakaran hutan ini pertama kali diketahui pada Rabu (30/8/2023) sore. Kepolisian bersama TNI, Perhutani, BPBD serta relawan langsung ke lokasi untuk berusaha memadamkan kebakaran.



Beberapa relawan secara gotong royong memadamkan api sejak sore hari hingga malam. Namun lantaran kondisi medan dan cuaca tidak mendukung, akhirnya personel ditarik dari lokasi kebakaran tersebut.



Asper BKPH Lawu Utara KPH Surakarta, Sartono menjelaskan, kebakaran hutan terakhir kali terjadi pada 2019 silam.

"Cuaca saat musim kemarau seperti saat ini turut berpengaruh terhadap potensi terjadinya kebakaran lahan (di lereng Gunung Lawu)," katanya, Kamis (31/8/2023).

Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno menyatakan, penyebab terjadinya kebakaran masih dalam proses penyelidikan.



"Sedangkan upaya pemadaman akan dilakukan kembali pada esok hari (hari ini). Luas lahan yang terbakar sekitar 9 hektare," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)