Sejarah dan Asal-usul Binjai, Kota di Sumatera Utara yang Terkenal

Selasa, 29 Agustus 2023 - 14:54 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Binjai, Kota di Sumatera Utara yang Terkenal
Binjai adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Foto/Dok. Dinas Pariwisata Binjai Kota
A A A
JAKARTA - Binjai adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara , Indonesia. Kota ini memiliki sejarah panjang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor budaya, ekonomi, dan sosial.

Dalam perkembangannya, Binjai menjadi kota dengan aktivitas penting di wilayah tersebut. Mari menelusuri sejarah dan asal-usul Kota Binjai yang menarik ini.

Asal-usul Binjai


Dahulu, Binjai dikenal sebagai kota yang berlokasi di antara dua sungai penting, yakni Sungai Mencirim di sisi timur dan Sungai Bingai di sisi barat. Daerah ini terletak di antara wilayah dua kerajaan Melayu, yakni Kesultanan Deli dan Kerajaan Langkat.

Berdasarkan cerita dari nenek moyang yang diwariskan melalui berbagai catatan sejarah, Binjai bermula sebagai kampung kecil yang terletak di tepi Sungai Bingai, tepatnya di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kelurahan Pekan Binjai.

Upacara adat yang digelar ketika kampung tersebut pertama kali didirikan dilakukan di bawah naungan sebatang pohon Binjai (Mangifera caesia) yang rindang. Pohon tersebut memiliki batang yang sangat besar dan tumbuh subur di tepian Sungai Bingai.

Di sekitar pohon Binjai mulai didirikan beberapa rumah untuk tempat tinggal. Seiring berjalannya waktu, rumah-rumah di daerah tersebut semakin banyak dan areanya semakin luas.



Daerah tersebut berkembang menjadi sebuah kota atau pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh kapal-kapal tongkang yang datang dari daerah Stabat, Tanjung Pura, dan bahkan Selat Malaka.

Seiring berjalannya waktu, pohon Binjai ini menjadi identifikasi yang erat dengan daerah tersebut. Hingga akhirnya nama kota Binjai pun berasal dari nama pohon Binjai tersebut.

Di sumber lain, asal-usul kata "Binjai" berasal dari kata "Binjéi," yang mengandung arti dari kata "ben" dan "i-jéi" yang dalam bahasa Karo memiliki makna "bermalam di sini". Pemahaman ini diyakini oleh sebagian besar penduduk asli kota Binjai, terutama dari kelompok etnis Karo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)