Padamkan Api Gunakan Water Bombing, Kebakaran di TPA Sarimukti Mulai Berkurang

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:12 WIB
loading...
Padamkan Api Gunakan Water Bombing, Kebakaran di TPA Sarimukti Mulai Berkurang
Kondisi kebakaran dan pemadaman api di TPA Sarimukti. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diklaim mulai berkurang, seiring upaya pemadaman menggunakan water bombing dibantu TNI dan Polri, Damkar, dan lainnya. Data terakhir, area TPA yang terbakar mencapai 8 Km persegi.

Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat H mengatakan, proses pemadaman bara api kebakaran di TPA Sarimukti pada Sabtu 26 Agustus 2023 dimulai Pukul 07.30 WIB. Pemadaman dilakukan menggunakan water bombing oleh satu unit pesawat Helikopter BNPB.

"Water bombing difokuskan di titik sasaran zonasi untuk zona 1. Saat ini, kondisi asap sudah berkurang dampak dari pemadaman oleh tim gabungan BPBD, BNPB Damkar, Polri, TNI dan unsur pendukung lainya," katanya.


">

Proses water bombing dilakukan selama delapan jam setengah, dari pukul 07.30 - 17.46 WIB. Helikopter berhasil membawa sebanyak 108 rit, tiap ritnya membawa 4000 liter. Total air yang berhasil disiramkan sebanyak 432.000 liter air.

"Pos kesehatan juga sudah berdiri dari Dinkes KBB, Dokpol Polres Cimahi, dan Kesdam 3 Siliwangi yang berlokasi di Posko Kantor Desa Sarimukti. Sedangkan pos dapur umum lapangan sudah berdiri dari Dinsos KBB, Danbekang, berlokasi di Posko Kantor Desa Sarimukti, " jelas dia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)