Anak Muda Medan Antusias Eksplorasi Budaya dalam Pembuatan Animasi Wayang

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 08:33 WIB
loading...
Anak Muda Medan Antusias Eksplorasi Budaya dalam Pembuatan Animasi Wayang
Balai Media Kebudayaan (BMK) Kemendikbudristek menyelenggarakan lokakarya pembuatan animasi wayang atau aniwayang untuk generasi muda di Medan, Sumatera Utara. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Balai Media Kebudayaan (BMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lokakarya pembuatan animasi wayang atau aniwayang. Pelatihan ini dilaksanakan bagi kalangan pelajar dan komunitas di Medan, Sumatera Utara.

”Pada lokakarya ini, teknik animasi khas Desa Timun mejadi materi yang memikat pelajar-pelajar perwakilan dari beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK), serta komunitas seni dan budaya di Kota Medan,” kata Kepala BMK, Retno Raswaty dikutip Sabtu (26/8/2023).



Lokakarya ini, lanjut Retno, bertujuan menyebarluaskan dan mempublikasikan kebudayaan di Indonesia melalui konten-konten menarik.

Dalam lokakarya ini, anak-anak muda Medan nampak begitu antusias mengeksplorasi budaya bersama Kelana Indonesiana tv yang merupakan satu-satunya televisi kebudayaan Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbudristek.

“Tayangan kebudayaan dikemas dengan rapi dan menarik. Sehingga bisa menjadi inspirasi dan dieksplorasi oleh pelajar, guru, dan pelaku budaya bahwa banyak objek kebudayaan yang bisa diangkat dan dijadikan konten. Kami juga berkolaborasi dengan platform Merdeka Mengajar,” tutur Retno.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah II Medan, Sukronedi, mengatakan, Sumatera Utara merupakan salah satu daerah dengan multi etnis terbesar di Indonesia.



Oleh karena itu, banyak potensi kebudayaan yang perlu dijaga dan diregenerasikan ke anak muda. Sehingga, anak muda bisa bangga dengan kebudayaannya sendiri.

“Tujuannya untuk pelestarian dan pemajuan budaya Indonesia, khususnya Sumatera Utara,” ungkap Sukronedi.

Dalam lokakarya ini, para peserta yang hadir dapat melihat langsung proses pembuatan aniwayang, bahkan ikut mencoba cara pengambilan gambar.

“Harapannya dengan program lokakarya, Kelana Indonesiana ini dapat menumbuhkan daya tarik dan kreativitas anak-anak muda lokal untuk giat mengeksplorasi, mengembangkan, sambil menjaga seni dan budaya yang ada di sekitar mereka,” pungkas Retno.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5261 seconds (0.1#10.140)