Kisah Raden Wijaya yang Nyaris Merebut Istana Singasari dari Jayakatwang

Kamis, 24 Agustus 2023 - 05:59 WIB
loading...
Kisah Raden Wijaya yang Nyaris Merebut Istana Singasari dari Jayakatwang
Potret Raden Wijaya versi AI. Foto/Instagram @ainusantara
A A A
MOJOKERTO - Raden Wijaya dan pasukannya nyaris kembali merebut istana Kerajaan Singasari usai diserang dan dikuasai Jayakatwang dan tentaranya. Hal ini karena kelengahan dan kurang siap siaganya pasukan Jayakatwang.

Saat itu, pasukan Jayakatwang tengah menggelar pesta pora dan di istana Singasari ketika malam menjelang. Mereka mengira pasukan Singasari seluruhnya berhasil ditaklukkan. Terlebih ketika siang hari Raden Wijaya dan pasukannya melarikan diri.

Di ibu kota kerajaan, sebagaimana dikutip dari buku "Menuju Puncak Kemegahan Sejarah Kerajaan Majapahit" karya dari Prof. Slamet Muljana, pengepungan istana Singasari dengan sisa-sisa tentara yang ada membuat banyak yang meninggal di kedua belah pihak. Tampaknya pasukan Raden Wijaya yang jumlahnya sedikit tak bisa dianggap remeh oleh lawan.

Menggunakan cawat geringsing pasukan Raden Wijaya terus merangsak masuk ke ibu kota hingga ke istana. Dua orang putri raja Kertanagara, Tribhuwana dan Gayatri, yang telah dipacangkan dengan raden Wijaya, masih tetap di dalam pura.



Namun, putri Gayatri tertangkap oleh tentara musuh, kemudian diangkut ke Kediri. Putri Tribuwana tinggal bersembunyi. Pada petang itu ia keluar benteng akan melarikan diri. Ia melintasi api unggun, bekas bediang tentara musuh.

Pada momen kegelapan yang ditembus nyala api itu putri Tribuwana terlihat oleh raden Wijaya, disangka musuh, kemudian dihampiri. Demikianlah ia dapat diselamatkan oleh Raden Wijaya. Selanjutnya atas nasehat Lembu Sores, Raden Wijaya bersama sang putri dan para pengikutnya mundur keluar kota, menuju arah utara.

Tidak akan ada gunanya melanjutkan perang, yang pasti akan membawa kekalahan, karena jumlah tentara Kediri jauh lebih besar. Mereka berjalan ke jurusan utara menuju Madura dengan maksud akan minta bantuan adipati Banyak Wide alias Arya Wiraraja, yang sebenarnya adalah aktor intelektual pemberontakan di Kerajaan Singasari.

Namun hal itu tidak diketahui oleh Raden Wijaya. Menantu Kertanagara, penguasa Singasari ini memilih melarikan diri ke Arya Wiraraja, yang berseberangan dengan Kertanagara karena diturunkan jabatannya dari pejabat di istana, lantas 'dibuang' menjadi Adipati.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)
pixels