Mak Ganjar Riau Gelar Pelatihan Membuat Jamu Tradisional di Pekanbaru

Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:37 WIB
loading...
Mak Ganjar Riau Gelar Pelatihan Membuat Jamu Tradisional di Pekanbaru
Relawan Mak Ganjar Riau menggelar pelatihan membuat jamu tradisional di Jalan Perwira, Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung, Pekanbaru, Riau, Rabu (23/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Relawan Mak Ganjar Riau menggelar pelatihan membuat jamu tradisional. Pelatihan digelar karena kian banyaknya permintaan pasar karena kesadaran orang untuk mengurangi obat kimia.

"Banyak manfaatnya ya, untuk konsumsi tubuh, kesehatan badan, apalagi ini ditujukkan untuk emak-emak ya, pokoknya kita pelajari semua jenisnya," kata Korwil Mak Ganjar Pekanbaru Anita di Jalan Perwira, Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung, Pekanbaru, Riau, Rabu (23/8/2023).

Selain untuk konsumsi pribadi dalam menunjang kesehatan tubuh, Mak Ganjar Riau membuka peluang bagi emak-emak yang tertarik membuka peluang usaha di sektor jamu tersebut. Hal tersebut dilakukan guna meningkatan pendapatan keluarga.

"Kami upayakan selain konsumsi pribadi, ini bisa dijadikan potensi emak-emak supaya bisa berjualan online, menjadi mandiri, dan membantu perekonomian keluarga," ujarnya.

Mentor pelatihan Megawati memaparkan berbagai macam jenis jamu yang bisa diolah dan dimanfaatkan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, dalam pelatihan kali ini focus pada kandungan jamu yang memiliki manfaat membersihkan rahim.

"Pelatihan jamu kali ini kita khususkan untuk emak-emak yang khasiat dari jenisnya menjaga kesehatan rahim, karena perempuam itu penyakitnya rentan di rahim. Jadi kita buat jamu yang khasiat untuk detok rahim dan menjaga kebugaran," katanya.

Menurutnya, proses pembuatan jamu tersebut cukup mudah. Bahan-bahannya mudah ditemui di pasar maupun sering digunakan emak-emak di dapur untuk memasak.

"Kami pakai rempah-rempah alami, seperti kunyit, empunya, jahe, kayu manis, kapulaga dan boleh tambahan lainnya. Pokoknya bahan-bahannya tidak sulit, sering kita temui di dapur, sangat terjangkau," lanjutnya.

Selain untuk konsumsi pribadi, Megawati siap membantu emak-emak untuk memulai usaha jamu yang sudah digelutinya sejak beberapa waktu silam. Menurutnya, potensi usaha jamu cukup terbuka dan distribusinya sudah memiliki celah.

Emak-emak tinggal melanjutkan dan meningkatkan kemampuan masing-masing. "Apabila mereka berminat bisa kita bantu untuk pemasarannya. Sedikitnya bisa membantu uang untuk memasak di dapur. Selain itu, semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktikkan di rumah," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)