Wujud Syukur Kemerdekaan, Pesantren Al Mukmin Ngruki Kembali Gelar Upacara HUT Ke-78 RI

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:44 WIB
loading...
Wujud Syukur Kemerdekaan, Pesantren Al Mukmin Ngruki Kembali Gelar Upacara HUT Ke-78 RI
Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo kembali melangsungkan upacara pengibaran bendera merah putih dalam perayaan HUT ke-78 RI. Foto/Ist
A A A
SUKOHARJO - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Jawa Tengah kembali melangsungkan upacara pengibaran bendera merah putih dalam perayaanHUTke-78 Republik Indonesia (RI). Ini menjadi sejarah kedua kalinya pesantren ini ikut terus menyemarakkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Abu Bakar Baasyir, juga terlihat mengikuti prosesi upacara pengibaran bendera dari awal hingga akhir. Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi.


Prosesi upara dimulai dengan pembacaan kalam ilahi oleh santri Ngruki dilanjutkan dengan proses upacara pengibaran bendera merah putih. Bertindak sebagai upacara salah satu Pimpinan Yayasan ust Farid Ma'ruf.

Ditemui setelah upacara, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Nisan Setiadi SE, MSi, yang ikut dalam kegiatan tersebut mengapresiasi pelaksanaan upacara kemerdekaan di Pesantren Ngruki.



"Saya kagum dengan semangat para santri dan terutama inspektur upacara yang walaupun dengan umur yang sudah lanjut masih kuat dan tidak ada satu pun kesalahan dalam memimpin pelaksanaan upacara ini," kata Nisan Setiadi dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Pelaksanaan upacara kali ini, menurutnya inisiatif dari Pesantren Ngruki. Seluruh perangkat upacara seluruhnya dilaksanakan dari pengurus dan santri pesantren.



Ustaz Farif Ma'ruf sebagai inspektur upacara juga menyampaikan harapan tentang kemajuan dan persatuan Indonsia. Menurutnya, persatuan bangsa harus terus dijaga oleh seluruh bangsa ini.

"Tidak ada kemerdekaan tanpa persatuan, Indonesia yang sangat kaya dan beragam ini dikuatkan dengan persatuan" tegasnya.

Pelaksanaan upacara kemerdekaan RI diharapkan terus dilaksanakan di pesantren ini. Menurut Ma'ruf kegiatan ini menjadi bentuk syukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini.

"Sebelum merdeka bangsa ini menjadi bangsa yang payah dan hina, tetapi kemerdekaan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik dan maju" pungkasnya.

Setelah pelaksanaan upacara bendera, seluruh santri diarahkan masuk ke dalam masjid untuk memanjatkan doa bersama.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)