Hore! Gunung Semeru Status Siaga, Aktivitas Pendakian Bakal Dibuka

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:48 WIB
loading...
Hore! Gunung Semeru Status Siaga, Aktivitas Pendakian Bakal Dibuka
Pendakian ke Gunung Semeru direncanakan akan dibuka oleh pengelola kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Pendakian ke Gunung Semeru direncanakan akan dibuka oleh pengelola kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Pendakian Gunung Semeru ini ditutup selama dua tahun karena pandemi Covid-19 dan aktivitas vulkanik gunung.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan salah satu persiapan yang dilakukan untuk membuka kembali jalur pendakian Semeru adalah melakukan pelatihan terhadap Pemandu Pendakian Gunung Semeru Terdaftar (PPGST).

“Para PPGST ini harus siap terlebih dahulu sebelum pendakian Gunung Semeru resmi dibuka nantinya. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang,” ujar Septi Eka Wardhani, Senin (21/8/2023).



Balai Besar TNBTS selaku pengelola kawasan telah melakukan bimbingan teknis (Bimtek) ke sekitar 200 orang PPGST pada 2 hingga 3 Agustus 2023, lalu. Materi Bimtek meliputi pengenalan kawasan konservasi, ekosistem, pertolongan medis serta etika pendakian.

“BBTNBTS masih akan mengadakan Bimtek satu kali lagi. Tapi masih belum kami jadwalkan untuk tanggal pastinya kapan,” katanya.

Di sisi lain BB TNBTS bersama dengan sejumlah komunitas juga masih melakukan pemulihan terhadap jalur pendakian Gunung Semeru. Sehingga masih belum dipastikan, kapan pendakian ke Gunung Semeru akan dibuka kembali.



“Untuk update jalur pendakian ke Ranu Kumbolo masih ada beberapa titik yang rusak baik ringan, sedang maupun berat,” ungkapnya.

Di sisi lain petugas Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Semeru Yadi Yuliandi mengungkapkan, status gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih berada di level III atau siaga. Senin dini hari hingga pagi hari pukul 06.00 WIB, setidaknya ada 41 kali gempa letusan atau erupsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)