Hetero for Startup, Gagasan Ganjar Dukung Pengusaha Muda Bisa Akselerasi Usaha

Kamis, 17 Agustus 2023 - 16:38 WIB
loading...
Hetero for Startup, Gagasan Ganjar Dukung Pengusaha Muda Bisa Akselerasi Usaha
Gubernur Jawa Tengah yang juga Bacapres Partai Perindo, Ganjar Pranowo konsisten mendukung pengembangan UMKM di Jateng. Foto/MPI
A A A
SEMARANG - Selama dua periode menjabat, Gubernur Jawa Tengah yang juga Bacapres Partai Perindo, Ganjar Pranowo konsisten mendukung pengembangan UMKM di Jateng.

Salah satu upaya Ganjar memberikan wadah pengembangan tersebut adalah kehadiran Hetero Space. Kreative hub yang menjadi tempat para pengusaha muda berkreativitas ini disediakan Ganjar di Semarang, Solo, dan Banyumas.



Tak hanya tempatnya, Ganjar juga menggagas program pelatihan di dalam Hetero Space. Namanya Hetero for Startup, sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan untuk membantu para entrepreneur melakukan akselerasi dalam bisnisnya lewat berbagai pelatihan dan pembinaan yang kini sudah masuk volume tiga.



Menggandeng mentor-mentor yang ahli di bidangnya, Ganjar membuat bisnis para pengusaha scale up dan berdampak.

Salah satunya Sahono, pengusaha muda yang menginisiasi Jegg Boy and Girl, layanan serba bisa untuk beli makan, antar jemput, antar barang, antar dokumen, beli obat, belaja di pasar, hingga tarik tunai di Salatiga, Jateng.

Alumni Hetero for Startup volume dua ini menjelaskan, lewat gerakan yang diinisiasi Ganjar tersebut dirinya kini mendapatkan ribuan transaksi dalam satu hari dari sebelumnya hanya ratusan.



Dalam pemberdayaan ini, Suhono melewati 4 fase, yakni fase pertama founder sourcing, fase 2 Community Engagement, fase 3 Challenge Development, dan fase 4 Continuity. Di fase-fase tersebut Suhono bertemu dengan pelaku bisnis lain yang membuatnya makin berkembang.

“Dari keuangan, dari cara berkomunikasi, cara membuat bisnis lebih bagus, scale up, tentu banyak yang kami dapat di Hetero,” kata Sahono usai berdiskusi dengan Ganjar bersama puluhan alumni Hetero for Startup lainnya di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Rabu (16/8/2023).

Tak hanya membuat bisnisnya scale up, Sahono menyebut dirinya juga bisa memberikan dampak signifikan terhadap para pelaku UMKM Salagita. Pasalnya selama ini Jegg Boy and Girl bisa memberdayakan sumber daya manusia (SDM) lokal.

Sesuai dengan namanya, Jegg Boy and Girl telah memiliki 240 driver aktif yang siap melayani konsumen berbelanja. Sebanyak 40 persennya nya adalah driver wanita dan berusia dibawah 35 tahun.

Dengan jam operasional mulai pukul 5 pagi hingga 12 malam dan tarif Rp2.250 per kilometer. Rata-rata tarif satu kali layanan sebesar Rp10.000 di Salatiga.

“Selama ini kami di Hetero mencoba untuk berkolaborasi. Tentu Jaggboy juga berkolaborasi dengan pelaku usaha di Salatiga seperti UMKM yang selama ini kami berkolaborasi dengan 1.600 UMKM,” katanya.

Bagi Sahono, Ganjar memberikan support luar biasa melalui berbagai fasilitas dalam gerakkan Hetero Space for Startup. Terlebih banyak di antara para pengusaha muda yang dapat scale up bisnisnya sampai luar negeri berkat kehadiran gerakan ini.

“Terima kasih buat Pak Ganjar yang sudah memberikan program Hetero for Startup buat kami. Pelaku-pelaku usaha kecil jadi scale up dengan programnya,” kata dia.

Sementara itu, Ganjar mengaku senang karena banyak alumni Hetero Space for Startup yang berhasil mengakselerasi bisnisnya sekaligus memberikan dampak di masyarakat. Ganjar berharap, fasilitas seperti ini bisa terus diberikan kepada para pengusaha muda hingga pelosok daerah.

“Jadi mesti banyak kita berikan creative hub yang ada di ujung-ujung tempat agar anak-anak muda ini bisa berkreasi, bisa menjadi enterpreuner, bisa menjadi sociopreneur, dan buktinya sudah ada,” kata Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin muda, energetik, merakyat, berprestasi, berpengalaman dan family man itu.

Dalam 3 tahun pelaksanaan, Hetero for Startup telah menjaring 4.126 bisnis dari 7 kategori, yaitu food and beverage, fashion and craft, technology, wellness, creative, agriculture dan renewable energy). Tidak hanya dari Jateng, tapi juga seluruh Indonesia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)