Karhutla Meluas, Kebun Warga di Singkawang Ikut Dilalap Api

Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:09 WIB
loading...
Karhutla Meluas, Kebun Warga di Singkawang Ikut Dilalap Api
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, semakin meluas hingga ke kebun milik warga. Foto/iNews TV/Rizki Kurnia
A A A
SINGKAWANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, terus meluas hingga ke kebun milik warga. Warga berbondong-bondong untuk berupaya memadamkan kebakaran, dan mencegah kobaran api semakin meluas.



Karhutla terjadi sejak Senin (14/8/2023) dan belum bisa dipadamkan, karena kebakaran terhadi di lahan gambut. Kobaran api yang terus meluas tersebut, mulai melalap tanaman rambutan di kebun milik warga.



Sejumlah pohon rambutan yang baru berbuah, akhirnya mati akibat terbakar. Kurangnya pasokan air, dan sulitnya mencari sumber air, membuat upaya pemadaman karhutla yang dilakukan warga terhambat sehingga kobaran api sulit dipadamkan.



Mantan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama anggota DPRD Kota Singkawang, Muhammadin yang turun ke lokasi karhutla, berencana membangunkan sumur bor dan meminta bantuan petugas pemadam kebakaran untuk membantu warga memadamkan karhutla.



Selain telah merembet ke kebun warga, karhutla memicu kabut asap dan abu yang mengganggu jarak pandang, serta saluran penapasan warga di lokasi karhutla. Petugas gabungan dari Manggala Agni, TNI, Polri, dan warga masih berjibaku memadamkan karhutla tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2792 seconds (0.1#10.140)