Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia di RS Tidar Magelang

Rabu, 29 Juli 2020 - 23:22 WIB
loading...
Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia di RS Tidar Magelang
Almarhum Ajip Rosidi, sastrawan besar asal Jabar, meninggal dunia di RS Tidar Magelang, Jawa Tengah. Foto/Istimewa/Facebok Iman Soleh I
A A A
BANDUNG - Satu lagi sastrawan Indonesia wafat. Setelah sebelumnya sastrawan Sapardi Joko Damono berpulang, kali ini sastrawan asal Jawa Barat, Ajip Rosidi wafat dalam usia 82 tahun di RS Tidar Magelang pada Rabu 29 Juli 2020 pukul 22.30 WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan Iman Soleh, seniman dan budayawan asal Kota Bandung melalui akun media sosialnya.

"Assalamualaikum wr wb. Telah berpulang ke Rahmatullah. Kang Ajip Rosidi di Rumah Sakit Tidar Magelang Rabu 29 Juli 2020 pk 22.30. Pada para sahabat, mohon doa untuk beliau, semoga husnul khatimah. Kami yg berduka. Keluarga, sahabat, murid, keluarga, anak. Alfatihah. 29 Juli 2020," tulis Iman Soleh di akun Facebook, Iman Soleh I.( )

Selain tulisan, Iman Soleh juga mengunggah foto almarhum Ajip Rosidi , pria kelahiran Jatiwangi, Kabupaten Majalengka 31 Januari 1938 ini. Foto semasa hidup itu, Ajip mengenakan kemeja biru muda.

Sastrawan, sastrawan Sunda, budayawan, dosen, dan redakktur yang telah melahirkan berbagai karya sastra, seperti cerpen, puisi, cerita anak, meninggalkan enam anak.

Antara lain, Nunun Nuki Aminten, Titi Surti Nastiti, Uga Perceka, Nundang Rundagi, Rangin Sembada, dan Titis Nitiswari.

Semasa hidup, Ajip Rosidi telah meraih berbagai penghargaan sastra. Antara lain, Hadiah Sastera Nasional 1955-1956 untuk puisi (diberikan tahun 1957) dan 1957-1958 untuk prosa (diberikan tahun 1960). Hadiah Seni dari Pemerintah RI 1993.( )

Kun Santo Zui Ho Sho (Bintang Jasa Khazanah Suci, Sinar Emas dengan Selempang Leher) dari pemerintah Jepang sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang dinilai sangat bermanfaat bagi hubungan Indonesia-Jepang 1999.

Anugerah Hamengku Buwono IX 2008 untuk berbagai sumbangan positifnya bagi masyarakat Indonesia di bidang sastera dan budaya dan Doktor Honoris Causa (HC) untuk program studi Budaya Fakultas Sastra dari Universitas Padjadjaran (Unpad)

Dikutip dari Wikipedia, proses kreatif Ajip Rosidi, pendiri dan ketua Yayasan Kebudayaan Rancage yang setiap tahun memberikan penghargaan kepada penulis sastra dari seluruh daerah di Indonesia ini, mula-mula menulis karya kreatif dalam bahasa Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)