Tanggul Sungai Citanduy di Pangandaran Longsor

Selasa, 31 Januari 2017 - 14:33 WIB
Tanggul Sungai Citanduy di Pangandaran Longsor
Tanggul Sungai Citanduy di Pangandaran Longsor
A A A
PANGANDARAN - Tanggul sungai Citanduy yang berlokasi di Dusun Sukajadi, Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang mengalami longsor kurang lebih 25 meter pada Senin, (30/1/2017) sore.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, akibat longsornya tanggul tersebut kini tanggul yang tersisa sebagai penahan air ke daratan tinggal 50 centimeter.

"Akibat ambrolnya tanggul tersebut karung yang berisi tanah, kawat boronjong dan pohon kelapa yang sebelumnya dijadikan penyangga hilang terbawa arus air," kata Nana.

Masih dikatakan Nana, sebelumnya jalur tersebut mengalami longsor lantaran terjadi pengikisan sepanjang 10 meter dan telah diperbaiki menggunakan tumpukan karung berisi tanah yang ditahan oleh kawat boronjong dan disangga oleh pohon kelapa.

"Namun setelah ada perbaikan terjadi lagi pengikisan bahkan tanah yang menjadi tanggul mengalami kerusakan hingga retak hingga 20 meter dan akhirnya longsor hingga 25 meter," tambah Nana.

Nana menghimbau masyarakat yang berada di lokasi berdekatan dengan jalur sungai Citanduy untuk waspada karena khawatir terjadi luapan air dan berakibat permukiman warga terendam.

"Saat ini status dilokasi jalur sungai Citanduy berstatus siaga karena ketebalan tanggul yang tersisa khawatir terkikis atau longsor," paparnya.

Sementara Kepala Desa Sukanagara Tarso Sutarsono mengatakan, seandainya tanggul sungai Citanduy longsor akan berdampak kurang lebih 1.580 Kepala Keluarga dengan 4.685 jiwa yang bermukim di lokasi jalur Sungai Citanduy terancam terendam.

"Dampak jika tanggul longsor tidak hanya berdampak ke lokasi sekitar saja, bahkan akan berdampak 3 Kecamatan terendam," kata Tarso.

Tarso menambahkan, posisi keberadaan jalur Sungai Citanduy lebih tinggi daripada hamparan daratan yang dijadikan permukiman warga, sehingga luapan air akan tumpah ke areal permukiman.

"Saat ini pihak Dinas PKPB, Dinas PUTRPRKP bersama pihak BBWS sedang melakukan pengukuran ketinggian batas dasar sungai Citanduy untuk melakukan penanganan memperbaiki tanggul yang longsor," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1131 seconds (0.1#10.140)