Ketinggian Air Capai 2 Meter, 1.300 Jiwa Terdampak Banjir

Sabtu, 28 Januari 2017 - 17:39 WIB
Ketinggian Air Capai 2 Meter, 1.300 Jiwa Terdampak Banjir
Ketinggian Air Capai 2 Meter, 1.300 Jiwa Terdampak Banjir
A A A
BANGKA BARAT - Hujan deras disertai air pasang laut menyebabkan wilayah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, terendam banjir setinggi 2 meter, Sabtu (28/1/2017).

Data sementara berdasarkan laporan BPBD Provinsi Bangka Belitung (Babel), banjir melanda Kelurahan Tanjung dan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, menyebabkan 1.300 jiwa terdampak langsung.

Ratusan rumah terendam banjir hingga ketinggian 2 meter. Daerah yang parah terendam banjir adalah Dusun Tanjung Laut, Teluk Rubah, dan Kampung Ulu di Kelurahan Tanjung.

BPBD Provinsi Babel, BPBD Kabupaten Bangka Barat, Basarnas, Dinsos, Tagana, Kesehatan dan Lingkungan Hidup, melakukan evakuasi terhadap korban dan melakukan pendataan. Tidak ada laporan korban jiwa dan menjelang siang banjir mulai surut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman banjir dan longsor. BMKG memprediksikan ada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di beberapa wilayah di Jambi, Sumsel bagian tengah dan timur, pada Sabtu (28/1/2017).

Hal ini terkait dengan terdapatnya bibit siklon di pesisir barat Australia bagian utara. Konvergensi terdapat di wilayah Samudera Hindia selatan Bengkulu.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2240 seconds (0.1#10.140)