Kabar Duka, Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wafat

Kamis, 10 Agustus 2023 - 14:37 WIB
loading...
Kabar Duka, Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wafat
Uskup Surabaya, Monsignor (Mgr) Vincentius Sutikno Wisaksono. Foto/Dok. keuskupansurabaya.org
A A A
SURABAYA - Kabar duka datang dari Gereja Katolik Keuskupan Surabaya. Uskup Surabaya, Monsignor (Mgr) Vincentius Sutikno wafat, Kamis (10/8/2023). Pemimpin Keuskupan Surabaya itu, sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya.



Wafatnya pemimpin Keuskupan Surabaya ini, salah satunya dibagikan pemilik akun Isntagram @katedralsurabaya. Akun tersebut mengunggah foto Mgr. Vincentius Sutikno, dengan keterangan "Requiescat in Pace Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Uskup Keuskupan Surabaya".



Unggahan tersebut, juga dilengkapi kutipan dari Alkitab yang berbunyi: "2 Timotius 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman".



Unggahan ini langsung dibanjiri ucapan bela sungkawa. Di antaranya dari pemilik akun @non_emelia yang menuliskan "RIP Bapak Uskup". Sementara pemilik akun @christa.kitchen menuliskan: "Selamat jalan Mgr. Soetikno....terima kasih untuk cinta dan penggembalaanmu bagi kami umat di Keuskupan Surabaya....karya dan pelayananmu akan menghantarmu menuju rumah Bapa di surga".

Uskup Surabaya meninggal dunia di usia 69 tahun, karena sakit. Dilansir dari keuskupansurabaya.org, Uskup Surabaya yang memiliki nama lengkap Vincentius Sutikno Wisaksono tersebut, lahir di Kota Surabaya, pada September 1953.



Dia merupakan putra pertama dari dari pasangan Stephanus Widiatmo Wisaksono dan Ursula Madiyanti. Almarhum memiliki dua adik kandung, yakni Maria Regina Reniwati Wisaksono, dan Vincentia Mia Swandayani Wisaksono.

Vincentius Sutikno ditahbiskan sebagai imam katolik pada 21 Januari 1982 oleh Mgr. J. Klooster CM, di Gereja Katedral Surabaya. Sementara resmi ditahbiskan sebagai Uskup Surabaya, pada 29 Juni 2007, oleh Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja, S.J. Almarhum merupakan uskup ke enam sejak berdirinya Keuskupan Surabaya, menggantikan uskup sebelumnya, Mgr. Yohanes Hadiwikarta.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)