Temu Kader dan Warga NU di Boyolali, Pengurus DPP PKB Ini Sampaikan Politik Rahmatan Lil ‘Alamin

Rabu, 09 Agustus 2023 - 11:38 WIB
loading...
Temu Kader dan Warga NU di Boyolali, Pengurus DPP PKB Ini Sampaikan Politik Rahmatan Lil ‘Alamin
Sekretaris DPP PKB Purnama Dhedhy Styawan menggelar konsolidasi tim pemenangan dan penguatan ideologi kader di Boyolali, Jateng. Foto/Ist
A A A
BOYOLALI - Sekretaris Bidang Keuangan dan Perbankan DPP PKB Purnama Dhedhy Styawan menggelar konsolidasi tim pemenangan dan penguatan ideologi kader di Boyolali, Jawa Tengah. Pertemuan membahas peran penting politik rahmatan lil ‘alamin dalam percaturan politik Indonesia.

“Politik rahmatan lil ‘alamin adalah preambule UUD 1945, Pancasila dan kemaslahatan rakyat. Hal ini merupakan landasan ideologis-filosofis dari platfom PKB dalam berkhidmat,” ujar pria yang akrab disapa Mas Dhedhy dalam kegiatan yang bertajuk Njagong Bareng Mas Dhedhy di Pendopo Pondok Pesantren Istigomah Mliwis, Cepogo, Boyolali, Selasa (8/8/2023).



Dia menjelaskan, bahwa konsepsi politik rahmatan lil 'alamin selalu berpijak pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai falsafah bangsa dalam menjaga hubungan persaudaraan antar sesama.

“Konsepsi politik rahmatan lil ‘alamin PKB senantiasa berpijak dan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila yang dijiwai dengan sikap mengembangkan hubungan tali persaudaraan antar sesama,” jelas Bakal Calon Legislaif (Bacaleg) DPR 2024 dari Dapil Jateng V (Klaten, Boyolali, Sukoharjo dan Kota Solo) itu.
.
Tali persaudaraan itu, jelasnya, terikat dengan ikatan keagamaan (ukhuwah diniyah), ikatan kebangsaan (ukhuwah wathaniyah) dan ikatan kemanusiaan (ukhuwah insaniyah).

Menurutnya, di tengah persinggungan kelompok nasionalis dan agamis yang kerap bersebrangan dalam agenda-agenda politik, pihaknya hadir menjadi jalan tengah sebagai partai terbuka yang agamis sekaligus nasionalis.



“Politik rahmatan lil ‘alamin memperkuat eksistensi PKB sebagai partai terbuka, agamis dan nasionalis yang bercirikan humanis-religius (insaniyah diniyah),” imbuhnya.

Secara sederhana, terang Mas Dhedhy, maksud dari politik rahmatan lil ‘alamin adalah mengedepankan pelayanan total kepada Ibu Pertiwi, keberpihakan pada kepentingan publik, kaum mustadh’afin (lemah dan dilemahkan) dan kehidupan semesta.

“Ini adalah pelayanan total kepada Ibu Pertiwi,” pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)