5 Fakta Menarik Kota Pasuruan, Daerah yang Memiliki Banyak Pondok Pesantren

Selasa, 08 Agustus 2023 - 11:09 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Kota Pasuruan, Daerah yang Memiliki Banyak Pondok Pesantren
Pasuruan dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pesantren dan ulama yang berasal dari daerah ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pasuruan merupakan nama dari sebuah kabupaten dan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur . Wilayah ini dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pesantren dan ulama yang berasal dari daerah ini.

Hal tersebut membuat Pasuruan dijuluki Kota Santri . Namun, ada sejumlah fakta menarik lainnya dari kota Pasuruan.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum fakta menarik yang ada di Kota Pasuruan sebagai berikut.

Fakta Menarik Kota Pasuruan

1. Kota Kelahiran Pejuang Kemerdekaan

Pasuruan menjadi salah satu kota yang melahirkan banyak pejuang kemerdekaan. Salah satu pejuang dan pahlawan kemerdekaan yang lahir di kota ini, yaitu Douwes Dekker.

Douwes Dekker merupakan salah satu pendiri Indische Partij, partai politik pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Dia juga seorang wartawan, aktivis, dan penulis yang kritis terhadap penjajahan Belanda.

Dalam riwayatnya, ia pernah menulis buku Max Havelaar yang terkenal. Buku tersebut berisi tentang kritik terhadap sistem tanam paksa yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada abad ke-19.


2. Tempat Berdirinya Masjid Pertama yang Mengadopsi Arsitektur Tionghoa

Salah satu tempat ibadah yang unik di Pasuruan adalah Masjid Cheng Ho, yang berlokasi di Kecamatan Pandaan. Masjid ini merupakan salah satu dari beberapa masjid besar di Indonesia yang mengabadikan nama Laksamana Cheng Ho, seorang pelaut dan penjelajah muslim asal China yang terkenal.

Masjid ini memiliki arsitektur yang kental dengan gaya khas Tionghoa, seperti atap bersusun, warna merah dan kuning, serta lampion dan tulisan China. Jika dilihat dari bentuknya, masjid ini juga memadukan unsur budaya Arab dan Jawa dalam struktur dan ornamennya.

3. Memiliki Candi Bersejarah

Jika mengunjungi daerah Pasuruan tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi situs bersejarah yang ada disana. Salah satu situs yang bisa dikunjungi jika bepergian ke daerah tersebut adalah candi.

Di Pasuruan terdapat beberapa candi yang terletak di kaki pegunungan yang ada di sana. Beberapa di antaranya seperti Candi Belahan, Candi Jawi, Candi Kidal, Candi Singosari, dan Candi Tikus.

4. Berjuluk Kota Santri

Pasuruan mendapat julukan Kota Santri karena banyaknya pondok pesantren yang ada di kota ini. Beberapa pondok pesantren terkenal yang ada di daerah ini seperti Ponpes Al-Yasini, Ponpes Ngalah, dan Pones Sidogiri yang merupakan PonPes tertua di Pasuruan karena telah berdiri sejak 1745.



Selain Kota Santri, Pasuruan juga memiliki julukan lain, seperti Kota Pelabuhan Kuno, Kota Raja-Raja Jawa, dan Kota Industri.

5. Tempat Wisata di Pasuruan

Pasuruan juga memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik dan instagramable. Maka tak heran jika setiap waktu kota ini diburu wisatawan dari seluruh penjuru Tanah Air.

Beberapa tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan di antaranya seperti Air Terjun Coban Baung, Taman Bunga Condido Agro Herbal, Kebun Raya Purwodadi, Taman Safari Prigen, dan Pantai Banyu Biru. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan berbagai aktivitas seru.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)