Gegara Pinjol, Aliansi Mahasiswa UIN Solo Minta Rektor Bubarkan DEMA

Senin, 07 Agustus 2023 - 20:17 WIB
loading...
Gegara Pinjol, Aliansi Mahasiswa UIN Solo Minta Rektor Bubarkan DEMA
Aliansi Mahasiswa Independen menggelar aksi solidaritas di depan Kantor Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Senin (7/8/2023). Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Aliansi Mahasiswa Independen menggelar aksi solidaritas di depan Kantor Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Senin (7/8/2023). Aksi itu dilakukan atas indikasi komersialisasi data mahasiswa baru oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA).

DEMA diduga menggunakan data mahasiswa untuk aplikasi pinjaman online (pinjol) yang menjadi sponsor pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 UIN Raden Mas Said Surakarta.



Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Luqman Al-Hakim UIN Rande Mas Sahid, Kelvin Haryanto mengungkapkan, dari total 4.000 mahasiswa baru, ada 2.000 orang yang telah registrasi akun pinjol.



Mereka pun khawatir akan adanya kebocoran data, dan kemudian disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Apakah bisa dengan DEMA itu melindungi data 2.000 mahasiswa baru. Mahasiswa baru tapi sudah dicekoki dengan pinjaman online itu nanti efek ke depannya buruk,” ujar Kelvin.

Aksi yang hanya oleh 10 orang mahasiswa ini menuntut tiga hal. Salah satunya agar Rektor memberhentikan ketua DEMA dan memberikan sanksi yang seberat-beratnya.



Selain itu, para pedemo juga meminta agar DEMA dibubarkan karena sudah menyeleweng dari aturan-aturan agama Islam, terlebih terkait riba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)