Gardu Ganjar Ikut Meriahkan Pesta Laut Carita Banten

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:16 WIB
loading...
Gardu Ganjar Ikut Meriahkan Pesta Laut Carita Banten
Relawan Gardu Ganjar ikut memeriahkan acara pesta laut yang diadakan di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (6/8/2023). Foto/Dok.SINDOnews
A A A
PANDEGLANG - Relawan Gerakan Rakyat Desa untuk Ganjar (Gardu Ganjar) mendukung acara pesta laut yang diadakan di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Puncak pesta laut diikuti ratusan kapal nelayan bersama sukarelawan Gardu Ganjar dan masyarakat.

Mereka berlayar ke tengah laut untuk melaksanakan tradisi yang diwariskan leluhur sejak dulu. Ini sebagai ungkapan syukur atas hasil laut yang melimpah, dan doa bersama untuk kelimpahan ikan di masa depan.

"Kami berpartisipasi dalam kegiatan ini dan Alhamdulillah ini merupakan permintaan dari masyarakat sendiri. Harapannya, semoga seluruh masyarakat bisa terus menjalin silaturahmi," kata Ketua Gardu Ganjar Banten Ahmad Wahyudin Nasyar di Pantai Carita, Pandeglang, Minggu (6/8/2023).

Menurutnya, acara pesta laut telah berlangsung dalam beberapa hari yang dihadiri ribuan masyarakat. Rangkaian acara ini dalam beberapa hari tersebut diisi di antaranya dengan wayang golek, hiburan rakyat seperti musik tradisional dan ratusan pedagang.

Hal itu memperkuat rasa kebersamaan dan semangat persaudaraan. Acara ini juga menjadi momen bersejarah bagi masyarakat setempat, setelah tiga tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Semoga semua nelayan selalu bisa melestarikan budaya-budaya baik, adat-adat yang baik, kegiatan-kegiatan yang baik, untuk menjaga laut, menjaga lingkungan, menjaga bumi, serta alam ini," lanjutnya.

Wahyu juga menyatakan komitmen Gardu Ganjar untuk terus mendukung berbagai kegiatan yang dibutuhkan masyarakat. Tujuannya memperkuat rasa kebersamaan dan semangat persaudaraan, sehingga bisa turut serta mensejahterakan masyarakat.

Dalam kegiatan ini, Gardu Ganjar juga turut menyosialisasikan Ganjar Presiden 2024. Menurut Wahyu, nelayan berharap konsep seperti Kartu Nelayan, yang telah berhasil diterapkan Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah dapat diimplementasikan di seluruh Indonesia ketika Ganjar menjabat sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Ketua Gardu Ganjar Carita Kusnadi menambahkan, pihaknya tidak hanya membantu dalam jangka pendek. Mereka juga berkomitmen memberikan dukungan jangka panjang bagi kebutuhan nelayan.

Tokoh masyarakat Kholisan menyampaikan rasa terima kasih kepada relawan Gardu Ganjar atas dukungannya dalam acara ini. Dia pun juga mengapresiasi peran Ganjar Pranowo yang menjadi inspirasi bagi para relawan membantu dan melestarikan tradisi budaya di Indonesia, khususnya di Pandeglang. "Nelayan di Pantai Carita merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan baik moril maupun materil yang diberikan," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)