Ganjar Milenial Jambi Gelar Try Out Latihan soal Tes Seleksi CPNS

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 20:37 WIB
loading...
Ganjar Milenial Jambi Gelar Try Out Latihan soal Tes Seleksi CPNS
Relawan GMC Jambi mengadakan try out latihan soal ujian seleksi CPNS bagi anak-anak muda dan milenial di Rumah Guna Milenial, Kelurahan Beliung, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Sabtu (5/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAMBI - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jambi mengadakan try out latihan soal ujian seleksi CPNS bagi anak-anak muda dan milenial di Kota Jambi. Try out diikuti puluhan anak muda dan milenial yang tahun ini berencana mengikuti tes CPNS.

Pengurus GMC Jambi, Al Pansya Wijaya menjelaskan, try out ini mengenai soal seleksi kompetensi dasar (SKD) yang meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Banyak yang diajarkan. Mulai dari pengetahuan faktor-faktor penyebab kegagalan dari tes CPNS, tips-tips, dan materi lainnya seperti TKP, TIU, dan TWK.

"Itu sangat penting untuk teman-teman sebagai gambaran ke depannya," kata Pansya di Rumah Guna Milenial, Kelurahan Beliung, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Sabtu (5/8/2023).

Dalam kegiatan ini, GMC Jambi menggandeng salah satu lembaga bimbingan belajar (bimbel) di Kota Jambi. Selain latihan soal, para peserta juga diedukasi perihal bagaimana teknis tes, aturan-aturan yang berlaku, hingga poin-poin dari masing-masing tes.

Setelah peserta menjawab soal yang diberikan, mentor mengoreksi sekaligus membahas satu persatu pertanyaan dan alasan jawaban yang benar tersebut. Diharapkan kegiatan ini bisa membuat para peserta lebih dan siap dalam menjawab semua soal saat tes CPNS nantinya berlangsung.

"Harapan saya besar, teman-teman mendapatkan manfaat yang luar biasa besar. Bisa terbantu dengan GMC mengadakan kegiatan ini," harapnya.

Pansya mengaku kagum dengan antusiasme anak-anak muda untuk mengikuti tes tersebut. "Antusiasnya sangat luar biasa aktif, tadi banyak yang bertanya, aktif dalam bedah soal," sebutnya.

Relawan GMC Jambi akan terus menggelar kegiatan yang bertujuan mengasah kemampuan anak muda dan milenial di Jambi. "Ke depannya mungkin kegiatan yang mengarah ke soft skill. Salah satu contohnya membatik, pelatihan fotografi, dan lain sebagainya," tandasnya.

Salah satu peserta Poppy Sukma Pitaloka (25) mengapresiasi kegiatan dari GMC Jambi ini. Menurutnya, try out tersebut sangat berguna bagi pejuang PNS sepertinya.

"Kegiatan ini sangat positif, terutama bagi kami yang pejuang pegawai negeri. Di sini membantu kami mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi. Dari yang tidak tahu menjadi tahu," katanya.

Dia berharap agar try out serupa bisa diadakan kembali secara berkala agar dirinya bisa semangat dalam belajar. "Tadi kan ada beberapa soal yang mengecoh, jadi biar kita tidak terkecoh oleh soal-soal yang menurut kita gampang, tapi ternyata itu yang membuat nilai kita itu kurang," ungkapnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)