Jorok! 3 Titik Gunungan Sampah Muncul di Alun-alun Selatan Yogyakarta

Jum'at, 28 Juli 2023 - 15:52 WIB
loading...
Jorok! 3 Titik Gunungan Sampah Muncul di Alun-alun Selatan Yogyakarta
Gunungan sampah mulai muncul Alun-alun Selatan Yogyakarta sejak Jumat (28/7/2023). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Gunungan sampah mulai muncul di ikon pariwisata DIY. Alasannya warga sulit membuang sampah lantaran Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan ditutup pemerintah setempat.

Salah satunya terlihat di Alun-alun Selatan Yogyakartasejak Jumat (28/7/2023) pagi, sampah-sampah mulai terlihat dibuang di sisi selatan Alun-alun Selatan. Tumpukantak hanya di tengah-tengah sisi selatan alun-alun selatan Yogyakarta.

Ternyata ada 2 titik lain nampak muncul sampah-sampah. Sampah-sampah tersebut diletakkan mepet dengan tembok sisi selatan alun-Alun Selatan.



Rizki (30) salah seorang penjaga warung kopi di sisi selatan Alun-alun Selatan Yogyakarta mengatakan sampah tersebut baru muncul Jumat pagi. Karena sejak dia pulang Jumat dinihari, belum ada sampah di tempat tersebut.

”Baru tadi pagi munculnya,” kata Rizki, Jumat (28/7/2023).

Dia mengaku tidak tahu siapa yang membuang sampah ke tempat tersebut. Namun sepanjang yang dia tahu, warga yang membuang sampah ke tempat tersebut selalu membawa sepeda motor dan mengenakan helm.

Dia memastikan jika sampah-sampah tersebut bukan dari para pedagang setempat. Karena jika dari pedagang setempat maka tidak mungkin akan sebanyak itu. Dan para pedagang tidak biasa membuang sampah di tempat tersebut.


Eko (35) salah satu pemilik lapak di alun-alun Selatan Yogyakarta juga menyesalkan adanya tumpukan sampah di salah satu ikon pariwisata DIY. Para pedagang sendiri tidak mengetahui sampah itu dari mana, namun memastikan bukan dari pedagang.

”Ya kami tidak menyalahkan buang sampah di sana. Mungkin buat perhatian saja. Tapi mbok ya jangan di Alun-alun sini. Kan tempat wisata,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9291 seconds (0.1#10.140)