Kena Hoaks Medsos, 43 Pesilat Bersenjata Tajam Digulung Polres Tuban

Jum'at, 28 Juli 2023 - 11:28 WIB
loading...
Kena Hoaks Medsos, 43 Pesilat Bersenjata Tajam Digulung Polres Tuban
Polres Tuban mengamankan sebanyak 43 anggota perguruan silat di rumah kosong wilayah Kecamatan Plumpang, Tuban. Foto/iNews TV/Pipiet Wibawanto
A A A
TUBAN - Polres Tuban mengamankan sebanyak 43 anggota perguruan silat di rumah kosong wilayah Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Informasinya, mereka hendak mendatangi Mapolres Tuban sebagaimana seruan yang tersebar melalui flyer di media sosial.

Beruntung, polisi berhasil mengendus rencana aksi tersebut dan mengamankan mereka. Hasilnya, 43 remaja diamankan, lengkap dengan senjata tajam, seperti samurai, pedang dan pisau. Selanjutnya, mereka dibawa ke Mapolres Tuban untuk pemeriksaan.

Kapolres Tuban AKBP Suryono, mengatakan, tindakan tegas itu diambil karena khawatir muncul gangguan keamanan. Karena itu petugas gabungan TNI-Polri melakukan sweeping dan berhasil mengamankan mereka.



”Beberapa hari yang lalu, ada flyer yang dibuat oleh seseorang. Isinya akan menghijaukan Polres Tuban. Tuntutannya mengusut tuntas laporan-laporan yang dilakukan oleh PN (Pagar Nusa). Karena itu kami siagakan Personel TNI-Polri,” kata Suryono, Jumat (28/7/2023).

Pihaknya tidak mempersoalkan bilamana ada masyarakat yang melapor. Namun, hal itu harus dilakukan dengan baik.

”Kalau mau menanyakan, silakan datang, satu-satu. Jangan gerombolan, menggeruduk. Itu namanya melawan negara. Ini kantor negara. Bagian dari negara,” ucapnya.



Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kabupaten Tuban Abdul Mujib, mengatakan, 43 pemuda yang diamankan tersebut merupakan korban hoaks flyer yang tersebar di media sosial. Padahal, sejatinya tidak ada seruan apa pun sebagaimana flyer yang beredar.

Karena itu, pihaknya sangat menyayangkan. Apalagi, banyak di antara puluhan anggota perguruan silat itu yang berasal dari luar Kabupaten Tuban, seperti dari Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk dan Jombang.

“Anak-anak ini saya anggap korban medsos. Tapi saya berterima kasih kepada semua pimpinan anak cabang di Kabupaten Tuban. Sebab, mereka selalu mendengar imbauan pengurus cabang untuk tidak mengikuti acara ini,” tegasnya.

Mujib mengimbau bagi anggota perguruan silat Pagar Nusa untuk mengikuti arahan pengurus cabang. ”Bila melanggar aturan organisasi dan hukum, maka kami akan tindak tegas. Akan kami pecat dari keanggotaan,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9952 seconds (0.1#10.140)