Warga Purwakarta Dihebohkan Temuan Kura-Kura Moncong Babi di Selokan

Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
Warga Purwakarta Dihebohkan Temuan Kura-Kura Moncong Babi di Selokan
Warga Kampung Cikondang Kabupaten Purwakarta menemukan kura-kura bermoncong mirip babi yang terjebak di selokan. Foto/MPI/Didin Jalaludin
A A A
PURWAKARTA - Warga Kampung Cikondang, Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta dihebohkan dengan temuan kura-kura bermoncong mirip babi yang terjebak di selokan sekitar tempat tinggal mereka, Kamis (27/7/2023).

Penemuan satwa liar ini dibawa pulang warga dan disimpan dalam selokan besar. Selain bermoncong mirip babi, ciri-ciri kura-kura yang ditemukan warga ini memiliki tempurung dengan lebar sekitar 20 centimeter dengan panjang 25 centimeter.

Berat diperkirakan lebih 2 kilogram. Tempurungnya lebih mirip kulit tebal dibandingkan cangkang yang keras. Kakinya lebih menyerupai sirip air, seperti penyu laut.



Warga menganggap jenis kura-kura moncong babi atau monbi dengan nama ilmiah Carettochelys Insculpta.

“Jenis kura-kura apa gak tahu. Karena terjebak di sela-sela batu di selokan, jadi kami tangkap. Kata orang-orang tadi jenis kura- kura moncong babi. Tapi gak tau juga,” ucap Dandi (20), warga setempat yang mengaku ikut menangkap kura-kura ini.

Dandi dan teman-temannya berencana akan kembali melepasliarkan kura-kura tersebut ke sungai yang lebih besar. Agar bisa tetap hidup dan akhirnya berkembang biak.

”Rencananya mau saya bawa ke Sungai Citarum atau ke Danau Cirata. Akan kami lepaskan di sana,” paparnya.



Kura-kura moncong babi adalah salah satu hewan asli Indonesia dan masuk kategori hewan langka karena keberadaanya terancam punah. Hewan ini lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai labi-labi, lantaran lebih mirip dengan penyu laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)