Peringati Hari Mangrove Sedunia 2023, IMPACT Antisipasi Degradasi di Pesisir Paser

Kamis, 27 Juli 2023 - 14:03 WIB
loading...
Peringati Hari Mangrove Sedunia 2023, IMPACT Antisipasi Degradasi di Pesisir Paser
Dalam rangka memperingati Hari Manggrove Sedunia tahun 2023, IMPACT menyelenggarakan diskusi bertema Manggrove Thought Leaders, Kamis (27/7/2023). Foto: Ist
A A A
PASER - Indonesia merupakan negara dengan kawasan mangrove terluas di dunia. Mangrove Indonesia luasnya mencapai 75 persen dari total luas mangrove di Asia Tenggara dan 27 persen dari total mangrove dunia.

Kondisi ini sangat menguntungkan karena keberadaan mangrove menjadi alat penting melawan perubahan iklim. Bahkan mangrove bisa mengambil hingga lima kali lebih banyak karbon dari atmosfer dari pada hutan di darat dan yang pasti keberadaan mangrove juga menguntungkan secara ekonomis bila dimanfaatkan sesuai aturannya.

Secara global, mangrove menyediakan barang dan jasa yang bernilai ekonomis mencapai miliaran rupiah pertahun. Hal ini dimungkinkan karena, ekosistem hutan mangrove diisi banyak keanekaragaman flora dan fauna yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya alam maupun sebagai pelindung lingkungan.



Untuk itu, potensi ini harus benar-benar dijaga, dipelihara dan dilindungi, tak hanya oleh masyarakat sekitar tetapi juga semua elemen yang berkepentingan agar terus bisa memberikan manfaat.

Sejatinya, hutan mangrove punya dua fungsi. Pertama, fungsi ekologi sebagai pelindung garis pantai, mencegah intrusi air laut, sebagai habitat beragam jenis burung dan lainnya. Kedua,fungsi ekonomi, hutan mangrove sebagai penghasil kebutuhan rumah tangga, penghasil keperluan industri dan penghasil bibit.

Namun demikian tak dapat dipungkiri besarnya manfaat itu memberikan konsekuensi bagi ekosistem hutan mangrove itu sendiri, dengan adanya eksploitasi yang tidak jarang berakhir pada degradasi lingkungan.

Peringati Hari Mangrove Sedunia 2023, IMPACT Antisipasi Degradasi di Pesisir Paser


Inilah yang kemudian menjadikan salah satu alasan Indika Energy Mangrove Program in Action (IMPACT) melaksanakan restorasi dan rehabilitasi mangrove di lahan seluas 250 hektar (Ha) yang tersebar di 4 desa di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, yaitu Desa Lori, Desa Sungai Langir, Desa Tajur dan Desa Pasir Mayan.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Manggrove Sedunia tahun 2023, IMPACT juga menyelenggarakan diskusi bertema Manggrove Thought Leader's yang dilaksanakan pada 27 Juli 2023 berlangsung secara offline di Ruang Rapat Sadurengas Komplek Kantor Bupati Paser, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Diskusi ini juga disiarkan secara online melalui live streaming.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)