Mencekam! Puluhan Orang Kesurupan Massal saat Ikuti Ritual Suroan

Senin, 24 Juli 2023 - 23:27 WIB
loading...
Mencekam! Puluhan Orang Kesurupan Massal saat Ikuti Ritual Suroan
Puluhan orang di Desa Aribaya, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, kesurupan massal saat mengikuti tradisi suroan. Foto/iNews TV/Elis Novit
A A A
BANJARNEGARA - Suasana mencekam terjadi di Desa Aribaya, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Puluhan orang mengalami kesurupan massal, saat mengikuti acara ritual suroan atau ruwat bumi.



Tak hanya orang tua, sejumlah remaja yang kesurupan terlihat histeris saat dilaksanakan arak-arakan. Warga di Desa Aribaya, selalu menggelar ritual suroan ini sebagai bentuk rasya syukur atas tahun yang baru dan hasil panen mereka.



Sebagai bentuk rasa syukur, warga membuat gunungan yang berisi hasil bumi dan sayur mayur panenan warga. Gunungan tersebut diarak keliling desa secara beramai-ramai, dengan iringan tari dan musik tradisional.



Di tengah arak-arakan gunungan tersebut, puluhan orang mengalami kesurupan massal. Puluhan warga yang mengalami kesurupan massal tersebut, kemudian dibawa kepada sesepuh desa untuk disembuhkan.

Setelah sesepuh desa membacakan mantra, puluhan warga yang kesurupan massal dengan serta-merta sembuh dan sadarkan diri. Salah seorang warga Desa Aribaya, Pujianto mengatakan, peristiwa kesurupan massal saat prosesi suroan tersebut, sudah biasa terjadi.

Mencekam! Puluhan Orang Kesurupan Massal saat Ikuti Ritual Suroan


"Sudah biasa dalam arak-rakana suroan terjadi kesurupan massal. Masyarakat di Desa Aribaya, percaya dengan adanya warga yang mengalami kesurupan maka persembahan atau ruwat bumi ini diterima oleh leluhur," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4049 seconds (0.1#10.140)