Ngeri! Elpiji 3 Kg di Medan Langka, Harga Tembus Rp30 Ribu

Senin, 24 Juli 2023 - 14:01 WIB
loading...
Ngeri! Elpiji 3 Kg di Medan Langka, Harga Tembus Rp30 Ribu
Elpiji ukuran 3 kg mengalami kelangkaan di Kota Medan, kini harganya mencapai Rp30 ribu. Foto/MPI/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Elpiji ukuran 3 kg mulai langka di Kota Medan, Sumatera Utara. Bahkan, harga jualnya bisa mencapai Rp30 ribu. Sementara Harga Eceran Tertinggi (HET), hanya sekitar Rp17 ribu-18 ribu per tabung.



Awalnya, kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Kini mulai merembet di Kota Medan. Sarga Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Hidayat Siregar (42) mengaku, kelangkaan elpiji di wilayahnya sudah terjadi sejak dua pekan.



"Pekan kemarin, setelah berkeliling agak jauh hingga ke perbatasan Kota Medan, akhirnya saya bisa beli satu tabung gas elpiji ukuran 3 kg. Tadi saya mau beli lagi, ternyata sudah habis. Sudah keliling sampai ke Kota Medan, belum dapat," ujar Hidayat.



Hidayat mengaku, setiap minggu butuh setidaknya 1-2 tabung gas elpiji untuk usaha produksi ikat pinggangnya. Biasanya ia mendapatkan elpiji dari pangkalan atau pengecer di dekat rumahnya, dengan harga Rp17 ribu-18 ribu. Namun akibat kelangkaan elpiji ini, dia terpaksa berhenti produksi.

"Kami ini berhak menerima subsidi, karena terdaftar sebagai pelaku UMKM di pemerintah. Tapi kalau elpijinya tidak ada, yang tetap saja tidak dapat. Kita sudah lapor ke aparat desa, tetapi tidak ada kepastian," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Yulianti (35). Produsen kerupuk di Kecamatan Medan Perjuangan ini mengaku, sudah dua hari ini produksi kerupuknya berhenti karena terhentinya pasokan elpiji ukuran 3 kg dari pangkalan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)