Pemuda Mahasiswa Ganjar Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM

Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:49 WIB
loading...
Pemuda Mahasiswa Ganjar Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM
Relawan PMN Jabar menggelar pelatihan digital marketing di Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Relawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jabar menggelar pelatihan digital marketing di Kota Bandung. Kegiatan ini didasari kenyataan bahwa digital marketing menjadi kunci membangun bisnis pada era teknologi komunikasi yang makin maju saat ini.

"Pemateri menyampaikan pentingnya berusaha lewat media sosial yang di mana hari ini penjualan produk kebanyakan itu melalui media sosial," kata Korwil PMN Jabar Marsus Albar di Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan ini disambut antusias kalangan muda hingga orang tua yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para peserta mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini.

Selain digital marketing, pelaku usaha didorong mengembangkan kemampuan lain seperti public speaking hingga teknik desain grafis sederhana. "Pentingnya mempunyai produk ini, mempunyai keterampilan baik dari public speaking, desain ataupun teknik pemasaran yang nantinya akan menjual produknya di media sosial," ujarnya.

Setelah warga tertarik dengan konsep kegiatan yang digelar, para sukarelawan PMN Jawa Barat menjadi lebih mudah untuk melakukan sosialisasi mengenai sosok Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Marsus menilai, sambutan warga sangat positif terhadap kegiatan yang diadakan PMN Jabar selama ini.

"Untuk (peserta) itu, banyak sekali dan responnya cukup baik. Baik dari pemuda ataupun warga Desa Cipedes ketika PMN Jawa Barat menyosialisasikan sosok Pak Ganjar Pranowo di kegiatan kali ini," tandasnya.

Oleh karena itu, Marsus optimistis dukungan dari warga Jabar, khususnya Kota Bandung terhadap Ganjar semakin meningkat dari waktu ke waktu. "Warga, ataupun bapak-ibu serta pemuda banyak sekali yang mendukung agar nantinya Pak Ganjar bisa terpilih di Pilpres 2024," tandasnya.

Rizal Adiguna, salah seorang peserta pelatihan mengapresiasi inisiatif para sukarelawan Ganjar Pranowo yang telah menggelar kegiatan kali ini. Materi pelatihan sangat bermanfaat dan dibutuhkan para pelaku UMKM yang belum berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya.

"Alhamdulillah, acaranya bisa berjalan lancar. Bermanfaat juga bagi generasi muda untuk di era digital sekarang memang membutuhkan sekali untuk digital marketing ini," katanya.

Warga juga menyampaikan sejumlah masukan dan harapan bagi Ganjar Pranowo melalui para sukarelawan PMN Jawa Barat pada acara tersebut. Mereka pada umumnya berharap Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024 dan melanjutkan roda pemerintahan Presiden Jokowi.

"Untuk Bapak Ganjar kalau misalkan terpilih harapannya bisa terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat khususnya untuk pemuda. Untuk beasiswa sekolah yang tinggi dan juga memperhatikan fasilitas sekolah untuk SMA sampai perkuliahan juga," tuturnya.

Di pengujung acara, PMN Jabar menyerahkan bantuan berupa alat pengeras suara kepada warga untuk menunjang kegiatan sosial di lingkungan setempat.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)