Peduli Kebersihan, Pandawa Ganjar Gelar Baksos di Makassar

Jum'at, 21 Juli 2023 - 16:35 WIB
loading...
Peduli Kebersihan, Pandawa Ganjar Gelar Baksos di Makassar
Relawan Pandawa Ganjar menggelar bakti sosial di Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (20/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Relawan Pandawa Ganjar menggelar bakti sosial di Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Mereka bersama warga bahu-membahu membersihkan saluran air dan jalan umum dari sampah dan tanaman liar.

"Kegiatan hari ini itu kegiatan bakti sosial sekaligus penyerahan tempat sampah. Kami bersama masyarakat untuk kemudian bersama-sama membersihkan wilayah setempat demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan," kata Korda Pandawa Ganjar Sulawesi Bayu, Kamis (20/7/2023) pagi.

Sebelumnya lingkungan perumahan di sana kotor. Hal ini lantaran warga membuang sampah sembarangan ditambah kurangnya fasilitas tempat sampah di masing-masing rumah.

Oleh karena itu Pandawa Ganjar pun berinisiatif mengajak warga bersih-bersih sekaligus menyerahkan bantuan tempat sampah. "Penyerahan bantuan itu berupa tempat sampah di mana tempat sampah ini yang diinginkan masyarakat setempat. (Tempat sampah) masih kurang, karena kebetulan tempat sampah di sekitar sini itu sama sekali belum ada," ujarnya.

Selama ini, warga mengeluh harus membuang sampah ke tempat pengumpulan sampah yang jaraknya cukup jauh. "Ada satu (tempat sampah) tetapi dia dalam bentuk bak sampah di mana jauh dari akses warga untuk membuang sampah. Makanya, (warga) meminta untuk difasilitasi diadakan tempat sampah mini untuk masing rumah tangga yang ada di Kelurahan Karunrung," tuturnya.

Pendekatan yang dilakukan para sukarelawan Pandawa Ganjar itu mendapatkan sambutan yang positif dari warga. Mereka juga terbuka berdiskusi tentang calon presiden 2024 yang diusung yakni Ganjar Pranowo.

"Setelah kita sharing dengan warga, mereka sangat antusias dan kemudian berkomitmen untuk bersama-sama memenangkan Ganjar di Pilpres 2024," tandasnya.

Dalam hal kebersihan, Ganjar selaku gubernur Jawa Tengah telah melakukan pengelolaan sampah secara konsistensi dari hulu hingga hilir. Bahkan sampai memberikan nilai tambah bagi masyarakat setelah dilakukan edukasi yang berkelanjutan.

Jateng diketahui memiliki beberapa contoh pengelolaan sampah di daerah yang dapat direplikasi daerah lainnya. Persoalan sampah di Indonesia bisa diatasi apabila dilakukan pergerakan menyeluruh di seluruh wilayah.

Pergerakan besar itu pun bisa diawali dengan melakukan pergerakan kecil seperti bakti sosial yang digagas Pandawa Ganjar ini. "Saya kira sangat bermanfaat ke depannya untuk bakti sosial Pandawa Ganjar karena menyentuh masyarakat bawah khususnya Karunrung," kata salah seorang warga Kelurahan Karunrung, Arifin.

Kesempatan itu juga tidak disia-siakan warga untuk mengenal lebih dekat sosok Ganjar Pranowo. Mereka juga menitipkan harapan apabila Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)