Cegah COVID-19, Ratusan Ibu Hamil di Surabaya Dites Swab Gratis

Selasa, 28 Juli 2020 - 10:07 WIB
loading...
Cegah COVID-19, Ratusan Ibu Hamil di Surabaya Dites Swab Gratis
Ratusan ibu hamil di Kota Surabaya, mengantri untuk mendapatkan layanan tes usap atau swab test gratis dari Pemkot Surabaya. Foto/iNews TV/ Rahmat Ilyasan
A A A
SURABAYA - Mengantisipasi penularan COVID-19 terhadap ibu hamil di Kota Surabaya. Pemkot Surabaya, memberikan layanan tes usap atau tes swab gratis bagi para ibu hamil tersebut.

( )

Ratusan ibu hamil di Kota Pahlawan tersebut, mendapatkan layanan tes swab gratis di Gedung Gelora Pancasila, yang ada di Jalan Raya Indra Giri Kota Surabaya, Selasa (28/7/2020).

Mereka begitu antusias mengikuti tes swab yang dilaksanakan secara gratis ini. "Tes ini sangat penting untuk kesehatan saya dan janin yang saya kandung. Jika tes swab mandiri biayanya juga mahal. Sekarang ada layanan gratis, makanya langsung ikut saja," ujar Safira, salah satu ibu hamil peserta tes swab gratis.

(Baca juga: Mengenal Eukaliptus, Tanaman "Pembunuh" COVID-19 )

Pemkot Surabaya, memberikan layanan gratis tes swab untuk para ibu hamil, karena menjadi kelompok yang sangat rentan terpapar COVID-19 . "Kami juga kawatir dengan kondisi kesehatan saat hamil di tengah pandemi COVID-19 ini," imbuhnya.

Saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Surabaya, menjadi yang tertinggi di Jatim, yakni sebanyak 8.420 kasus. Dan jumlah pasien positif COVID-19 di Jatim, juga menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Total kasus COVID-19 di Jatim, mencapai 20.812. Yang menjalani perawatan sebanyak 6.524 orang, dan yang dinyatakan sembuh ada sebanyak 12.680 orang. Sedangkan kasus meninggal mencapai 1.608.

(Baca juga: Belalang Kembara Rusak 60 Hektar Lahan Pertanian di Sumba Timur )

Shinta, salah seorang ibu hamil yang juga ikut menjalani tes swab tersebut, berharap bisa lebih tenang menjalani kehamilan usai mengikuti tes swab dan mengetahui kondisi kesehatannya.

Melalui tes swab PCR ini, bisa mendeteksi sejak dini adanya penyebaran COVID-19 terhadap para ibu hamil, sehingga bisa dilakukan penanganan medis secara tepat. Hasil tes swab tersebut, akan diberitahukan langsung melalui handphone para ibu hamil.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)