RPH Salatiga Layani Penyembelihan Hewan Qurban Cegah Kerumunan

Senin, 27 Juli 2020 - 22:29 WIB
loading...
RPH Salatiga Layani Penyembelihan Hewan Qurban Cegah Kerumunan
Petugas Dinas Pertanian Salatiga saat memeriksa kondisi daging dan sapi potong di RPH. Foto/Dok.Dinas Pertanian Salatiga
A A A
SALATIGA - Rumah Pemotongan Hewan ( RPH) Salatiga membuka layanan pemotongan hewan qurban baik kambing maupun sapi secara gratis alias tidak dikenai retribusi. Warga yang menyembelihkan hewan qurban di RPH hanya membayar jasa secara personal kepada tukang jagalnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Salatiga Ir Joko Supriyanto mengatakan, RPH siap melayani masyarakat yang membutuhkan tempat yang lebih nyaman, aman dan higienis saat menyembelih hewan qurban. (Baca:Terdampak Corona, Pemotongan Sapi di RPH Salatiga Turun 70%))

Langkah ini dilakukan untuk mencegah kerumunan massa guna mengantisipasi penularan COVID-19. "Kami imbau masyarakat untuk menyembelih hewan qurban di RPH dan bebas retribusi. Penyembelihan di RPH sangat terjamin kerbersihannya, pembuangan limbahnya dan tenaga sembelih yang sudah bersertifikasi," Senin (27/7/2020).

Selain itu, Dinas Pertanian Salatiga juga mengimbau kepada para takmir atau panitia penyembelihan di masjid untuk melaporkan hewan qurban yang akan disembelih. “ Sapinya berapa dan sebagainya, nanti petugas akan datang memeriksanya, apakah hewan itu sehat atau tidak. Bila nantinya tim pemeriksa hewan qurban menemukan hewan sapi yang tidak sehat, maka dokter akan merekomendasikan untuk tidak disembelih karena tidak baik untuk kesehatan," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4457 seconds (0.1#10.140)