Kisah Kejayaan Kerajaan Padjajaran di Era Prabu Siliwangi, Sektor Pertanian Mendominasi

Selasa, 11 Juli 2023 - 07:12 WIB
loading...
Kisah Kejayaan Kerajaan Padjajaran di Era Prabu Siliwangi, Sektor Pertanian Mendominasi
Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi. Foto/Ilustrasi
A A A
Kerajaan Pajajaran menjadi salah satu kerajaan besar di Pulau Jawa bagian barat. Di masa Prabu Siliwangi konon Kerajaan Pajajaran mulai menemukan masa kejayaannya.

Prasasti Batutulis menyatakan bagaimana Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi membuat sistem pertahanan dan menyejahterakan masyarakatnya.Masyarakat Kerajaan Pajajaran konon mayoritas berprofesi sebagai pekerja di ladang.

Pada NaskahSanghyang Siksakandang Karesian, telah memberikan keterangan yang cukup jelas bahwa pada masa Kerajaan Pajajaran terdapat kelompok- kelompok yang berladang.



Fery Taufiq El Jaquenne pada "Hitam Putih Pajajaran: Dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" mengisahkan secara sistem birokrasi pemerintahan kelompok ini tidak pernah disebutkan.

Akan tetapi dari naskah itu menyebutkan bahwa terdapat kelompok ekonomi yang terbagi beberapa golongan, seperti rohani dan cendekiawan, kelompok alat negara, kelompok orang utas, dan kelompok juru lukis.

Kemudian kelompok pandai emas, kelompok pembuat perabot dari tembaga, kelompok pembuat wayang, kelompok penabuh gamelan, kelompok penggembala, kelompok peternak, kelompok pemungut pajak di pelabuhan, kelompok yang sebagai alat negara, kelompok prajurit atau tentara, kelompok pawang laut, dan kelompok juru masak.



Dari berbagai kelompok masyarakat yang telah disebutkan di atas, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing, disebutngawakan tapadi nagara atau melaksanakan tapa di tengah negara.

Hal yang menarik ditemui pada masa Kerajaan Pajajaran yakni pekerjaan yang dikerjakan oleh kelompok mencopet, mencuri, membegal, dan menjual diri (dilakukan oleh wanita) atau istilahnya pekerja seks komersial (PSK).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)