Antisipasi Kekeringan, Ganjar Pranowo Berharap Embung Dapat Berfungsi Maksimal

Selasa, 11 Juli 2023 - 00:13 WIB
loading...
Antisipasi Kekeringan, Ganjar Pranowo Berharap Embung Dapat Berfungsi Maksimal
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau pembangunan Embung Glebeg di Desa Glebeg, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Senin (10/7/2023). Foto/Ist.
A A A
REMBANG - Pembangunan embung di sejumlah wilayah rawan kekeringan di Jawa Tengah, terus dilakukan. Keberadaan embung tersebut sangat penting bagi masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan air saat terjadi kekeringan.



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan, program seribu embung telah mencapai target, namun akan terus melanjutkan program pembangunan embung karena masih banyak yang memerlukan pasokan air untuk pertanian.



"Ini area-area kering. Kalau tidak ada curah hujan, mereka tidak mendapatkan air. Mudah-mudahan sekian embung yang terbangun akan bisa membantu. Akan kami tambah terus dan tidak berhenti, karena kebutuhan masih banyak sekali," kata Ganjar.



Ganjar juga berkesempatan meninjau langsung pembangunan Embung Glebeg di Desa Glebeg, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Senin (10/7/2023). Terkait penambahan jumlah embung, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berkoordinasi dengan pemerintah desa, pemerintah kabupaten, dan juga pemerintah pusat.

"Makin banyak embung di area yang pasokan airnya kurang, bisa terpenuhi dengan modifikasi. Ada modifikasi tempat-tempat penampungan air, ada modifikasi saluran. Bahkan, pada titik tertentu kami modifikasi cuaca yang beberapa kali kami lakukan," katanya.

Sementara itu, dari hasil peninjauan ke Embung Glebeg, Ganjar memberikan beberapa catatan. Di antaranya, beberapa pekerjaan masih ada yang perlu diperbaiki sebelum diserahterimakan. Salah satunya paving yang tampak amblas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)