Kisah Angkatan Perang Majapahit Nyaris Dihancurkan Pasukan Kerajaan Bali Pimpinan Kebo Iwa

Minggu, 09 Juli 2023 - 06:39 WIB
loading...
Kisah Angkatan Perang Majapahit Nyaris Dihancurkan Pasukan Kerajaan Bali Pimpinan Kebo Iwa
Patih Kebo Iwa dari Kerajaan Bali memiliki kesaktian mandraguna hingga nyaris menghancurkan angkatan perang Majapahit yang dipimpin Mahapatih Gajah Mada. Foto/Ilustrasi/Its
A A A
SUMPAH Palapa untuk menyatukan Nusantara yang diucapkan Mahapatih Gajah Mada dilaksanakan dengan melakukan ekspansi ke berbagai daerah. Termasuk ke Pulau Bali yang berada di seberang laut timur Majapahit.

Jauh sebelum Majapahit masuk, Kerajaan Bali sudah menjadi salah satu kerajaan besar di Nusantara. Kala itu masyarakat Bali menganut ajaran animisme, dinamisme, Hindu, dan Buddha.



Saat Kerajaan Majapahit berusaha melakukan ekspansi, pasukan yang dipimpin Mahapatih Gajah Mada nyaris mengalami kekalahan. Sulitnya menaklukkan Kerajaan Bali konon karena memiliki patih yang sakti mandraguna dan juga licik.

Sosok terkenal dari Kerajaan Majapahit itu bernama Patih Kebo Iwa.



Fakta keberadaan Kerajaan Bali tersebut dapat ditemukan melalui bukti-bukti sejarah. Salah satunya adalah Prasasti Blanjong Sanur berangka tahun 836, yang menuliskan tentang nama-nama raja pada saat itu.

Mengenai sejarah Kerajaan Bali tidak dapat dilepaskan dengan masa kejayaan dan masa keruntuhannya. Kerajaan Bali memiliki pusat pemerintahan pertama kalinya di Singhamandawa dan didirikan oleh Sri Ugranesa.



Semasa pemerintahan Dharmodayana, Kerajaan Bali mengalami masa kejayaan. Sistem pemerintahan menjadi semakin jelas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)