Berhasil Turunkan Stunting di Jateng, Ganjar Pranowo Raih Satya Lencana Wira Karya

Kamis, 06 Juli 2023 - 22:46 WIB
loading...
Berhasil Turunkan Stunting di Jateng, Ganjar Pranowo Raih Satya Lencana Wira Karya
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meraih Satya Lencana Wira Karya setelah dinilai sukses menekan angka stunting. Foto/Ist.
A A A
BANYUASIN - Penghargaan kehormatan dari presiden, Satya Lencana Wira Karya, diraih Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Penghargaan ini diberikan kepada Ganjar Pranowo, setelah dinilai berhasil menurunkan angka stunting.



Angka stunting di Jateng, berhasil diturunkan secara drastis selama kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jateng. Pada 2018, angka stunting di Jateng tercatat sebesar 24,4 persen. Empat tahun berselang, yakni di tahun 2022 tinggal menyisakan 11,9 persen.



Penghargaaan tersebut diraih Ganjar dari BKKBN dalam Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang digelar Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menyerahkannya langsung kepada Ganjar, Kamis (6/7/2023).



Sehari sebelumnya, istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mendapat penghargaan dari BKKBN. Ibu satu anak itu dinilai berhasil memimpin TP PKK Jateng, aktif membina keluarga, dan mendampingi para ibu, serta menurunkan stunting hingga tinggal 11,9 persen pada 2022.

Penurunan angka stunting di Jateng ini, berdasarkan perhitungan elektronik - Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM). "Saya menyampaikan terima kasih, karena kerja dari kawan-kawan yang bagus, kompak, terstruktur dan sistematis sehingga kita bisa menurunkan angka stunting yang bagus," kata Ganjar.

Berhasil Turunkan Stunting di Jateng, Ganjar Pranowo Raih Satya Lencana Wira Karya


Menurut Ganjar, penanganan stunting di wilayahnya digeber melalui beberapa program. Salah satunya program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng). "Itu program perhatian pada ibu hamil, memeriksakan sejak awal kehamilan, memberikan asupan gizi, kontrol terus menerus sampai melahirkan. Setelah lahir anak dikasih ASI ekslusif termasuk gizinya terus diperhatikan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)