Tarik Tongkang Batu Bara, Tugboat Terbakar di Muara Sungai Musi

Senin, 03 Juli 2023 - 19:51 WIB
loading...
Tarik Tongkang Batu Bara, Tugboat Terbakar di Muara Sungai Musi
Tugboat penarik tongkang pengangkut batu bara terbakar di muara Sungai Musi, tepatnya di Selat Bangka, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto/MPI/Dede Febriansyah
A A A
BANYUASIN - Kebakaran melanda tugboat yang tengah menarik kapal tongkang pengangkut batu bara. Peristiwa kebakaran tugboat tersebut, terjadi di muara Sungai Musi, tepatnya di Selat Bangka, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.



Kepala KSOP Tanjung Api-api, Kapten Rahmad Sahid mengatakan, bahwa tugboat yang terbakar yakni TB Paiton dinahkodai Thamrin, sedang menarik tongkang BG APOL 3012 dari agen kapal PT Wisatara Agency Shipping dengan isi kotor GT 150, dan call sign YDA 4132.



"Dari laporan yang telah kami terima, ada 10 anak buah kapal (ABK) di kapal TB Paiton yang terbakar tersebut. Tugboat berlayar dari Palembang, dengan tujuan Indramayu, Jawa Barat," ujar Rahmad, Senin (3/7/2023).



Dijelaskan Rahmad, pihaknya telah mengevakuasi 10 ABK tugboat tersebut, sekitar pukul 07.00 WIB. Proses evakuasi para ABK tersebut, dibantu oleh nelayan setempat dan personel KSOP Tanjung Api-api.

"Kebakaran tugboat itu, kami ketahui setelah mendapat kabar melalui radio komunikasi. Dalam laporan itu, disebutkan kebakaran terjadi di kapal TB Paiton saat berada di ambang luar Sungai Musi, Selat Bangka," jelasnya.



Menurutnya, kobaran api pada tugboat tersebut berasal dari salah satu ruangan kapal TB Paiton. "Belum diketahui penyebabnya, namun keterangan dari ABK yang selamat, api berasal dari kamar mesin," jelasnya.

Hingga kini, lanjut Rahmad, kepulan asap hitam masih membumbung tinggi ke luar dari tugboat yang terbakar tersebut. "Sampai sekarang kondisi tugboat masih terus mengeluarkan asap hitam pekat," jelasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)