Gempa Bantul Akibatkan 1 Orang Meninggal dan 3 Luka-luka

Jum'at, 30 Juni 2023 - 23:43 WIB
loading...
Gempa Bantul Akibatkan 1 Orang Meninggal dan 3 Luka-luka
Satu korban meninggal dunia, dan tiga luka-luka akibat tertimpa bangunan yang roboh usai gempa Bantul, berkekuatan magnitudo 6,4. Foto/Dok. BNPB
A A A
YOGYAKARTA - Gempa Bantul bermagnitudo 6,4 yang terjadi pada pukul 19.57 WIB, menelan korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyebut satu warga Kabupaten Bantul, meninggal dunia.



Selain korban meninggal dunia, gempa tersebut juga mengakibatkan tiga orang luka-luka. Dua korban luka-luka merupakan warga Kabupaten Gunungkidul, dan satu korban luka warga Kabupaten Bantul.



Penjabat (Pj) Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Samsurizal mengatakan, korban meninggal dunia akibat gempa seorang perempuan berinisial S (67), warga Kalurahan Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.



Korban meninggal dunia, akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh akibat terkena guncangan gempa. "Dia (korban) kaget ada gempa, dan terjatuh saat lari," tutur Danang.

Untuk sementara, kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebar di tiga kabupaten. Data terakhir, kerusakan di Kabupaten Gunungkidul ada 40 bangunan. Untuk di Kabupaten Bantul, ada 31 bangunan yang mengalami kerusakan, dan di Kabupaten Kulonprogo, ada lima bangunan rusak.



Kategori kerusakan bangunan menurut Danang, adalah rusak ringan dan sedang. Relawan dan tim BPBD saat ini terus melakukan pendataan dan evakuasi reruntuhan bangunan akibat gempa. Belum ada kepastian berapa jumlah bangunan yang rusak, karena terus bertambah.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)