Semangat Gotong Royong untuk Membangun KBB Ekonomi Kuat 2030

Senin, 26 Juni 2023 - 12:33 WIB
loading...
Semangat Gotong Royong untuk Membangun KBB Ekonomi Kuat 2030
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan diarak menggunakan sisingaan saat perayaan HUT ke-16 KBB yang digelar di Kompleks Pemda KBB. (Foto/Dok.Humas)
A A A
BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menggelorakan "Semangat Gotong-royong Menuju Ekonomi Kuat" di Hari Jadi ke-16 Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tema ini didasarkan atas semangat kebersamaan untuk membangun KBB agar lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.

"Konsep gotong-royong menjadi semangat untuk membangun KBB dalam rangka pemulihan ekonomi Pascapandemi COVID-19 menuju Bandung Barat Ekonomi Kuat 2030," kata Hengki usai peringatan HUT KBB.

Hari jadi ke-16 KBB harus menjadi momentum untuk terus menggelorakan semangat gotong- royong bersama membangun KBB menuju hari esok yang lebih baik. Serta terus meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, baik Pemerintah Daerah, masyarakat dan swasta.

Menurutnya, dengan semangat untuk terus bangkit bergerak berjuang bersama sehingga KBB mampu menjadi salah satu daerah yang unggul. Serta mampu bersaing menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang semakin kompleksnya.

"Pembangunan KBB akan berpengaruh terhadap kualitas masyarakatnya. Untuk itu terus tingkatkan kepedulian serta rasa memiliki, karena kita adalah bagian dari Bandung Barat dan Bandung Barat adalah kita," ucapnya.

Perjalanan 16 tahun KBB berdiri, lanjut Hengki, khususnya pada saat dirinya memimpin, telah banyak prestasi yang ditorehkan. Antara lain perolehan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 mencapai 69,04 yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Juga prestasi yang diukir oleh OPD beserta kelompok binaan dan masyarakat mampu meraih prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. Seperti di bidang kesehatan, pendidikan, pelayanan publik, sumber daya aparatur, kependudukan dan keluarga berencana, pertanian, perhubungan, lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan bidang olahraga.

Salah satu penghargaan yang diterima, Pemda KBB adalah PPKM Award kategori Pemerintah Daerah dari Mendagri yang diserahkan Presiden Joko Widodo. KBB dinilai berhasil menangani pandemi COVID-19 dalam aspek penegakan protokol kesehatan dan pelayanan vaksinasi.

"Alhamdulilah semua prestasi itu berkat perjuangan semua pihak termasuk masyarakat KBB," ucap Hengki.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menghadiri HUT KBB berkesempatan bersama Hengki Kurniawan diarak naik sisingaan di antara puluhan ribu warga yang tumpah ruah. Gubernur juga mengapresiasi KBB terkait dengan pendapatan perkapita yang mengalami kenaikan.

"Itu menandakan ekonomi Bandung Barat mulai membaik dan menjadi sebuah prestasi yang patut diapresiasi," ucapnya.

Sementara itu rangkaian HUT ke-16 KBB antara lain disi oleh cek kesehatan gratis, sunatan massal, penampilan marching band, tari kolosal, sisingaan, wayang, peresmian ekstra kulikuler Hafidz Alquran, peresmian TK Negeri dan deklarasi sekolah ramah anak, gelar bazar produk UMKM KBB, Bandung Barat bershalawat, nikah massal, dan isbat nikah.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)