Keren, Anak Bangsa Ciptakan Anggrek Persilangan Dendrobium Silihwangi

Sabtu, 24 Juni 2023 - 14:48 WIB
loading...
Keren, Anak Bangsa Ciptakan Anggrek Persilangan Dendrobium Silihwangi
Dendrobium Silihwangi, anggrek hibrid silangan baru yang terdaftar di Royal Horti Society Inggris dan diakui secara internasional dengan dibuktikan terbitnya sertifikat persilangan anggrek. Foto/Kodam III/Siliwangi
A A A
BANDUNG - Kodam III/Siliwangi menggelar kegiatan display sarana prasarana dalam rangka optimalisasi pemberdayaan wilayah dan kesiapan satuan Kodam III/Siliwangi 2023 di Lapangan Kodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69, Kota Bandung, pada Jumat (23/6/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menampilkan karya anak bangsa yakni bunga anggrek Dendrobium Silihwangi.

Dendrobium Silihwangi merupakan anggrek hibrid silangan baru yang terdaftar di Royal Horti Society Inggris dan diakui secara internasional dengan dibuktikan terbitnya sertifikat persilangan anggrek.

"Dendrobium Silihwangi mempunyai arti saling silih asih asuh asah menuju kesejahteraan bersama," ucap Ny. Mia yang juga selaku Pelindung DPD PAI Jabar.

Baca juga: Sanitasi Belum Layak, Warga KBB Rentan Terpapar Penyakit Menular

Ny. Mia mengatakan, bahwa perakitan anggrek dimulai sejak tahun 2021 dengan mengawinkan anggrek Dendrobium Tasiman sebagai betina dan anggrek Dendrobium trilamellatum dari Papua sebagai jantan yang mana proses ini disebut persilangan tanaman anggrek.

“Proses pembuahan terjadi selama 3 bulan dilanjutkan dengan proses semai biji secara Kultur Jaringan. Tidak cukup sampai disitu, terdapat proses lanjutan yang membutuhkan waktu lama yaitu pemeliharaan tanaman dalam Laboratorium hingga tanaman siap ditanam di Green House Agrasoka Cisaroni,” jelasnya.

Ny. Mia menyebut, pertumbuhan tanaman anggrek di dalam Green House Agrasoka Cisaroni perlu dilakukan pemeliharaan secara rutin dan intensif agar tanaman mampu tumbuh dan berkembang secara optimal hingga berbunga.

“Waktu yang kami butuhkan dari awal persilangan sampai tanaman berbunga yaitu 3 tahun dan baru dapat didaftarkan secara internasional pada tanggal 12 April 2023,” ungkapnya.

Anggrek Dendrobium Silihwangi merupakan dedikasi penyilang (Reo Sempana) sebagai putra dari purnawirawan TNI AD yang juga sebagai Tim Produksi Flona yang ikut serta mempersembahkan karya anak bangsa dalam display Inovasi di Kodam III/Siliwangi.

“Kedepan kita berharap semoga semakin banyak muncul karya anak bangsa dalam persilangan anggrek baru yang bisa merepresentasikan identitas bangsa,” pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)