Ratusan Desa di Jatim dan Kalimantan Lakukan Beragam Aktivitas Sosial

Rabu, 21 Juni 2023 - 05:58 WIB
loading...
Ratusan Desa di Jatim dan Kalimantan Lakukan Beragam Aktivitas Sosial
Salah satu kegiatan komunitas karang taruna, Heppiii Community, menggerakkan ratusan desa untuk aksi sosial.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Sebuah komunitas karang taruna (karta) yang berada di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan, sukses menggelar beragam aktivitas sosial di ratusan desa.

Melalui program yang disebut Pasar Heppiii, karang taruna di banyak desa melakukan serangkaian kegiatan mulai penjualan sembako murah hingga penampilan berbagai sajian budaya lokal.

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, program pasar heppiii merupakan kegiatan yang melibatkan ratusan komunitas karta dengan berbagai latar belakang berbeda. Namun, karta-karta tersebut memiliki semangat yang sama untuk dapat membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Di setiap program pasar heppiii, selain menjual sembako murah, karta-karta yang menjadi bagian Heppiii Community juga menggelar atraksi seni budaya setempat. Kegiatan ini penting untuk membangun hubungan yang harmonis di antara masyarakat dan merawat kekayaan budaya lokal agar tetap dikenal oleh generasi muda,” kata Ronald, Senin (19/6/2023).

Baca juga: Komunitas Anak Muda di Situbondo Beri Santunan pada Dhuafa

Menurut Ronald, untuk wilayah Jawa Timur dan Kalimantan, program pasar heppiii digelar secara bergantian di ratusan desa di 17 kabupaten/kota. Contohnya di Kabupaten Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Jombang, Madiun, Pamekasan, Probolinggo, Sidoarjo, Lumajang, Pasuruan, Ponorogo, Situbondo, Tuban, Kediri, dan Mojokerto. Program yang sama juga berlangsung di puluhan desa di Kalimantan seperti Kabupaten Pangkalan Bun dan Kota Banjarmasin.

Menurut Ronald, program Pasar Heppiii juga melibatkan ratusan warung UMKM di desa-desa setempat. Melalui cara ini, diharapkan dapat membantu memajukan warung-warung di desa yang mayoritas adalah UMKM.

“Rangkaian kegiatan pasar Heppiii sudah berlangsung sejak awal bulan Juni ini. Kami bersyukur dukungan masyarakat luar biasa dan karta-karta yang menjadi bagian dari Heppiii Community juga telah bekerja dengan sangat baik,” jelas Ronald.

Sementara itu di Probolinggo kegiatan Pasar Heppiii dipungkasi dengan hiburan seni masyarakat setempat yang disebut dengan kesenian Singo Wongso. Kegiatan ini dilaksanakan di Karta Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Jatim.

"Kesenian ini dimainkan beberapa orang penari, ini baru pertama kami tampil di acara Pasar Heppiii," kata Ketua Karta Pohsangit Leres, Probolinggo, Abdul Khalim.

Kesenian Singo Wongso ini adalah kesenian dengan menampilkan tari-tarian yang diiringi dengan musik gamelan. Kesenian ini biasa disajikan saat acara-acara tertentu atau hajatan di desa.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)