HUT Bhayangkara, Polda Aceh Revitalisasi Makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim

Selasa, 20 Juni 2023 - 12:42 WIB
loading...
HUT Bhayangkara, Polda Aceh Revitalisasi Makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim
Polda Aceh melakukan revitalisasi Makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim merupakan peninggalan Kesultanan Aceh. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDA ACEH - Polda Aceh melakukan revitalisasi Makam Syiah Kuala, ulama kharismatik asal Aceh dan pernah menjadi mufti agung di Kerajaan Aceh Darussalam. Makam tersebut banyak didatangi peziarah baik lokal hingga mancanegara.

Revitalisasi tersebut dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara pada 1 Juli mendatang. Karo SDM Polda Aceh, Kombes Fajar Budiyanto mengatakan, revitalisasi juga dilakukan terhadap Masjid Baiturrahim merupakan peninggalan Kesultanan Aceh . Masjid ini didirikan sekitar abad ke-17 dengan sebutan Masjid Jami’ Ulee Lheue.

“Ketika bencana tsunami, masjid ini tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur. Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut,” kata Kombes Fajar dalam keterangan tertulis, Selasa (20/6/2023). Baca Juga: Karomah Syekh Kuala, Mufti dan Guru Para Ulama Kharismatik
Revitalisasi situs agama dan budaya ini merupakan harapan Polri bahwa moderasi beragama diperlukan sebagai solusi. Ini menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan yang rukun, harmoni, damai, serta keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun dalam beragama.

Selain itu revitalisasi situs budaya dan agama agar tidak mengalami degradasi atau penurunan kualitas, potensi, fisik, maupun nilai keindahan, yang disebabkan oleh berbagai penyebab kerusakan “Juga membangun ekosistem wisata, membantu serta mendukung UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)