Ada-ada Saja! Viral Emak-emak Berdaster Gelar Ritual Bakar Lilin dan Sesajen di Meteran PDAM

Senin, 19 Juni 2023 - 10:02 WIB
loading...
Ada-ada Saja! Viral Emak-emak Berdaster Gelar Ritual Bakar Lilin dan Sesajen di Meteran PDAM
Emak-emak berdaster, menggelar ritual menyalakan lilin dan sesajen di depan meteran PDAM di Jalan Galangan Kapal, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, karena kesal enam bulan air tak mengalir. Foto/iNews TV/Yoel Yusvin
A A A
MAKASSAR - Aksi sejumlah emak-emak yang mengenakan daster, viral di media sosial. Mereka terekam video amatir warga, sedang melakukan ritual dengan menyalakan lilin dan menyediakan sesajen di meteran PDAM.



Peristiwa ritual di meteran PDAM tersebut, terjadi di Jalan Galangan Kapal Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi ritual emak-emak berdaster ini, merupakan bentuk kritik satir terhadap pengelola PDAM Kota Makassar, karena sudah enam bulan air tak mengalir.



Dalam video viral yang beredar di berbagai media sosial tersebut, terlihat emak-emak berdaster itu dengan serius melakukan ritual dengan menyalakan lilin, menyediakan sesajen, dan membacakan doa-doa, Terlihat juga emak-emak berdaster yang melakukan semedi di depan rumahnya, dengan gerakan-gerakan aneh.



Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, warga hanya mengandalkan bantuan air bersih yang penyalurannya sangat terbatas. Bantuan air bersih tersebut, tidak mencukupi untuk kebutuhan memasak, mandi, serta mencuci.

Bantuan air bersih tersebut, juga sering kali tidak layak kondisinya, karena mengeluarkan aroma tidak sedap. Kondisi ini memaksa warga harus melakukan penyaringan air secara berulang kali, agar aroma tidak sedap tersebut dapat dikurangi.

Ada-ada Saja! Viral Emak-emak Berdaster Gelar Ritual Bakar Lilin dan Sesajen di Meteran PDAM




Salah satu warga terdampak matinya aliran ari PDAM Kota Makassar, Nurbaya mengaku, selama ini terpaksa mengeluarkan uang tambahan untuk membeli ari bersih. "Kami terpaksa beli air bersih yang jaraknya sekitar 300 meter dari rumah, demi bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga," ungkapnya.

Nurbaya menyebut, ada ratusan keluarga yang terdampak dari matinya jaringan air bersih PDAM Kota Makassar tersebut. Warga sangat berharap pemerintah dan PDAM Kota Makassar, memperhatikan nasib mereka karena air bersih menjadi kebutuhan utama setiap hari.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)