Tekan Mobilitas Orang ke Kota Bandung, Jalan Buahbatu Disekat

Rabu, 29 April 2020 - 13:46 WIB
loading...
Tekan Mobilitas Orang ke Kota Bandung, Jalan Buahbatu Disekat
Satlantas Polrestabes Bandung memasang sekat di perempatan Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Bubat. Foto: SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Rekayasa lalu lintas buka tutup Jalan Buahbatu (Bubat) dari arah selatan ke utara mulai diberlakukan hari ini, Rabu (39/4/2020). Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung memasang barier di perempatan Jalan Soekarno-Hatta-Jalan Bubat.

Kendaraan dari arah selatan yang hendak menuju kawasan Buahbatu dan sekitarnya tidak bisa lurus ke arah utara, tetapi diarahkan ke barat dan timur untuk menggunakan jalan arteri alternatif. Masyarakat harus memutar ke Kiaracondong atau Mohammad Toha untuk masuk ke dalam Kota Bandung.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, penutupan Jalan Buahbatu itu sebagai bagian dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung untuk menanggulangi wabah virus Corona atau COVID-19. Tujuan penyekatan adalah untuk meminimalisasi mobilitas ke dalam Kota Bandung.

"Penutupan Jalab Buahbatu ini dari hasil evaluasi pelaksanaan PSBB, cek poin jalur selatan ramai dilintasi masyarakat yang hendak menuju pusat Kota Bandung. Dari penutupan ini akan terlihat kendaraan dari jalur selatan menuju Kota Bandung itu apakah sekadar melintas atau ada kegiatan lain di Bandung," kata Bayu ditemui di Jalan Buahbatu. (Baca :

Dengan penutupan ini, ujar Bayu, akan juga terlihat sejauh mana perputaran kendaraan. Selama PSBB diterapkan, arus lalu lintas di dalam Kota Bandung lengang. Keramaian justru terjadi di daerah perbatasan. Seperti, Buahbatu, Moh Toha, Cibiru, Cibeureum, dan Setiabudi.

"Jika dari selatan ke utara ditutup, kendaraan dari selatan akan ke timur atau barat. Nah, arah mana yang dituju dari arah selatan. Misalnya di perempatan Jalan Mohammad Toha perputarannya ke arah mana. Sehingga, tujuan PSBB akan lebih efektif. Soalnya saat ini kendaraan di Bandung sepi tapi kendaraan dari luar Kota Bandung banyak yang masuk ke Bandung," ujar dia.

Bayu menuturkan, penutupan jalan ini bersifat situasional. Jika pagi atau sore bisa saja dibuka karena banyak warga yang beraktivitas kerja. "Sifatnya situasional. Bisa pagi atau sore dibuka. Sepanjang malam ditutup," tutur Kasatlantas.

Selain penutupan Jalan Buahbatu, polisi juga merencanakan penutupan Jalan Mohammad Toha dari arah selatan karena aktifitas kendaraan dari arah selatan menuju Kota Bandung sangat tinggi. "Banyak dari selatan baik via Mohammad Toha maupun Buahbatu. Rencana penutupan di Mohammad Toha Buahbatu sudah dan Dewi Sartika," ungkap Bayu. agus warsudi
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)