Bekali Pelaku UMKM Cianjur, GMP Gelar Pelatihan Digital Marketing

Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:40 WIB
loading...
Bekali Pelaku UMKM Cianjur, GMP Gelar Pelatihan Digital Marketing
Relawan GMP Jabar menggelar Pelatihan Digital Marketing di Cianjur, Jumat (16/6/2023). Pelatihan ini agar pelaku UMKM bisa mengikuti perkembangan zaman. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIANJUR - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mulai marak menggunakan sistem marketing digital. Sayangnya masih banyak yang belum memahami teori seputar digital marketing.

Oleh karena itu, mereka sangat antusias dan proaktif mengikuti Pelatihan Digital Marketing yang diselenggarakan relawan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) Jabar. "Hari ini kami mengadakan pelatihan, workshop terkait digital marketing bisnis. Kalau di Cianjur, perkembangan UMKM itu makin pesat jadi acara seperti dinilai perlu," kata Korwil GMP Jabar Rostandi Iskandar, Jumat (16/6/2023).

Kemampuan digital marketing sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku usaha, termasuk UMKM. Hal ini untuk mengimbangi kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat dan banyak digunakan untuk berbisnis.

Para pelaku UMKM saat ini bahkan harus berhadapan langsung dengan perusahaan besar yang masuk ke daerah mereka secara digital. "(Digital marketing) sangat dibutuhkan karena kembali lagi kan generasi muda, pasti tidak ada yang tidak melek dengan gadget," ujarnya.

Melihat manfaatnya yang besar, para peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dari narasumber ahli yang menjadi pemateri pelatihan kali ini. Mereka cukup interaktif menanyakan segala hal terkait digital marketing.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan relawan merangkul para pelaku usaha sekaligus mengenalkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mendatang. Rostandi optimistis para pelaku UMKM maupun masyarakat Cianjur pada umumnya akan mendukung penuh Ganjar menjadi Presiden 2024 mendatang.

"Masyarakat Cianjur semakin ke sini semakin positif (mendukung) Ganjar Pranowo memang dinilai mempunyai nilai lebih tersendiri di Cianjur. Apalagi bagi pelaku UMKM yang selalu diperhatikan," tuturnya.

Asep Hendrik, salah seorang peserta pelatihan mengapresiasi relawan GMP yang telah mengadakan kegiatan tersebut. "Menurut saya pribadi, sangat positif, sangat luar biasa membantu saya menjalankan UMKM terutama di bidang digital. Sangat dibutuhkan. Itu menjadi suatu harapan dan cita-cita saya pribadi," ujarnya.

Pedagang jajanan baso kulub (baslub) di Cianjur itu mengaku tertarik menggunakan sistem digital marketing untuk mengembangkan bisnisnya ke depan. Mengenai Ganjar Pranowo, Asep menilai dia sosok capres yang dibutuhkan para pelaku usaha karena cukup fokus memperhatikan rakyat kecil termasuk pelaku UMKM.

"Pak Ganjar itu orangnya baik, ramah. Dia peduli sama masyarakat. Mudah-mudahan dia menjadi Presiden 2024," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)