Empat Pusaka Milik Adipati Ariyo Blitar Hilang Dicuri

Kamis, 04 Agustus 2016 - 20:27 WIB
Empat Pusaka Milik Adipati Ariyo Blitar Hilang Dicuri
Empat Pusaka Milik Adipati Ariyo Blitar Hilang Dicuri
A A A
BLITAR - Empat mata tombak milik Adipati Ariyo Blitar atau Bupati Blitar pertama, yang ditaruh di samping makamnya hilang dicuri. Diduga, pencuri masuk ke dalam area makam lewat pintu belakang yang tidak terkunci.

Sujud, Juru Kunci Makam Ariyo Blitar yang terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, mengaku baru mengetahui ke empat mata tombak hilang setelah istrinya melihat kayu penyangga mata tombak berserakan di halaman makam.

"Kejadian pencurian seperti ini sudah terjadi ke dua kalinya, pertama tahun 1997, dan kini terulang kembali," katanya, kepada wartawan, Kamis (4/6/2016).

Rusmini, istri Sujud mengatakan, saat malam pencurian, dia tidur di halaman luar makam. Namun, tidak mengetahui ada maling yang masuk ke dalam area makam Ariyo Blitar yang menjadi adipati atau Bupati Blitar pertama tahun 1.623 ini.

Kini, pihak kepolisian masih menylidiki kasus pencurian benda bersejarah milik Blitar. Diduga, pelaku satu orang dan masuk dari pintu belakang makam.

Biasanya, pada malam Jumat banyak warga yang datang bermalam di makam Adipati Ariyo Blitar yang merupakan putra Raja Pangkubuwono pertama atau Raja Mataram kuno.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5170 seconds (0.1#10.140)