Penenun Ulos Silalahi di Dairi Butuh Tanaman Endemik untuk Pewarna Alami

Sabtu, 25 Juli 2020 - 08:14 WIB
loading...
Penenun Ulos Silalahi di Dairi Butuh Tanaman Endemik untuk Pewarna Alami
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didampingi oleh Ketua Dekranasda, Romy Mariani Eddy Berutu menggelar kegiatan bakti sosial berupa penanaman pohon dalam acara yang bertajuk Gerakan Dairi Hijau di Kecamatan Silahisabungan, Jumat (24/07/2020). (Foto/SI
A A A
SIDIKALANG - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didampingi oleh Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Romy Mariani Eddy Berutu menggelar kegiatan bakti sosial berupa penanaman pohon dalam acara yang bertajuk 'Gerakan Dairi Hijau' di Kecamatan Silahisabungan, Jumat (24/07/2020).

Penanaman pohon ini digelar untuk mewujudkan Dairi yang asri dan juga hijau, sembari menjawab persoalan yang dihadapi para penenun Ulos Silalahi yang saat ini sangat bergantung pada tumbuhan dan tanaman endemik yang tumbuh di tanah Silahisabungan. Tumbuhan ini sebagai bahan dasar pewarna alami untuk pewarna benang bahan pembuat Ulos Tenun Silalahi. (BACA JUGA: Anggota DPRD Labuhanbatu Pukul dan Cabuti Kuku Sopir, Polres Bungkam Beri Keterangan)

Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu dalam sambutannya menyampaikan, para penenun sangat membutuhkan berbagai tumbuhan endemik yang ada di Kecamatan Silalahi yang mulai langka ditemukan oleh para penenun sebagai bahan baku pewarna alami.

"Selain itu untuk mendukung kelestarian alam di tempat Wisata Tao Silalahi agar tetap asri dan lestari serta menjaga keseimbangan alam di tempat wisata sekitar pantai Tao Silalahi," kata dia. (BACA JUGA: Tahan Milan, Atalanta Panaskan Persaingan Buru Scudetto)

Sementara Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, bumi ini bukan untuk hari ini dan bukan untuk manusia saat ini saja. Namun harus diwariskan ke generasi anak cucu.

"Selain itu, kita harus memanfaatkan alam ini di antaranya pohon-pohon endemik yang ada di Silahisabungan, diantaranya sebagai bahan pewarna yang dimanfaatkan oleh para Penenun Ulos Silalahi yang ada di Silahisabungan," ujarnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)