Hilang Berbulan-bulan, TKW Garut di Arab Saudi Ditemukan Tak Jauh dari Rumah Majikan

Jum'at, 16 Juni 2023 - 10:37 WIB
loading...
Hilang Berbulan-bulan, TKW Garut di Arab Saudi Ditemukan Tak Jauh dari Rumah Majikan
Keluarga Ela Lastari membuat surat pengaduan ke Polres Garut beberapa hari lalu. (Ist)
A A A
GARUT - Ela Lastari (39), TKW asal Kabupaten Garut yang dinyatakan hilang di Riyadh, Arab Saudi, akhirnya ditemukan. Warga Kampung Cikondang, Desa Tanjungkamuning, Kecamatan Tarogong Kaler, itu ditemukan di suatu tempat yang tak jauh dari rumah majikannya.

Ela Lastari saat ini berada di dalam perlindungan petugas polisi yang menemukannya. Padahal beberapa waktu lalu, majikannya mengaku Ela Lastari kabur dari rumah sejak Ramadan 2023.

Saat ini Ela Lastari berada di kantor polisi setempat. Kabar mengenai PMI yang berangkat secara ilegal pada Oktober 2022 lalu itu disampaikan pihak keluarga Ela Lastari.

"Tadi malam Ela nelepon saya dengan menggunakan handphone milik salah seorang anggota polisi di kawasan Riyadh, Arab Saudi. Alhamdulillah, menurutnya, ia dalam kondisi baik dan sehat," kata Gungun Saefuloh (40), salah satu kerabat Ela Lastari, Jumat, (16/6/2023) pagi.

Menurut Gungun, Ela Lastari menghubunginya pada Kamis (15/6/2023) malam, sekira pukul 23.30 WIB. Dalam percakapan telepon, ibu empat anak itu menuturkan pengalaman dirinya mendapat perlakuan tidak baik dari majikannya.

"Mendapatkan sejumlah perlakuan yang tidak baik seperti tak mendapatkan gaji dan tak diperbolehkan berkomunikasi dengan siapa pun termasuk keluarga," ujar Gungun.

Menurut Gungun, seluruh keluarga sangat senang bisa mendengar kabar dari Ela Lastari. Sebab selama ini ia hilang kontak dan keluarga tidak bisa menghubunginya.

"Ela menanyakan bagaimana kabar anak-anaknya, sebelum ia menceritakan pengalamannya mendapat perlakuan kurang baik dari majikan," ungkapnya.

Baca: MK Putuskan Sistem Proporsional Terbuka pada Pemilu 2024, Begini Komentar Kang Emil.

Sebelumnya, pihak Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Arab Saudi merespons koordinasi yang diajukan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terkait nasib Ela Lastari yang tidak diketahui. Bersama aparat kepolisian, petugas perwakilan KBRI sempat mendatangi rumah majikan Ela Lastari.

Keluarga Ela Lastari juga telah membuat surat pengaduan di Polres Garut di awal pekan ini. Hal itu dilakukan untuk melengkapi proses pencarian sekaligus pemulangannya ke Tanah Air.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)