Basarnas Bali Minim Anggaran, Helikopter Operasional pun Ditarik ke Surabaya

Jum'at, 16 Juni 2023 - 10:08 WIB
loading...
Basarnas Bali Minim Anggaran, Helikopter Operasional pun Ditarik ke Surabaya
Minimnya anggaran membuat Basarnas Bali sudah dua tahun lebih tidak lagi memiliki helikopter untuk operasi pencarian dan pertolongan. Padahal saat ini, tiap hari terjadi kecelakaan laut di Bali. Foto ilustrasi
A A A
DENPASAR - Minimnya anggaran membuat Basarnas Bali sudah dua tahun lebih tidak lagi memiliki helikopter yang digunakan untuk operasi pencarian dan pertolongan. Padahal saat ini, tiap hari terjadi kecelakaan laut di Bali.

Sekretaris Basarnas Abdul Haris Achadi mengatakan, heli itu sudah dua tahun lebih ditarik ke Surabaya. "Heli ditarik ke Surabaya sejak Desember 2020," kata Abdul Haris, Jumat (16/6/2023).


Dia menjelaskan, kerja sama Basarnas Bali dengan Pemprov Bali sudah berlangsung sejak tahun 2013. Namun sejak pandemi, kerja sama terhenti akibat tidak ada lagi anggaran.

Oleh Basarnas, helikopter itu akhirnya ditarik ke Surabaya. Salah satunya, anggaran penyediaan akomodasi untuk pilot dan kru helikopter tidak ada lagi.

Di sisi lain, wisatawan domestik dan turis dari berbagai belahan dunia sudah mulai datang lagi ke Bali setelah pandemi Covid-19. Tingkat kunjungan wisatawan mulai pulih.
Sejak ramai kembali, hampir sepekan sekali ada wisatawan mancanegara yang terkena musibah, terutama kecelakaan laut, diantaranya jatuh dari tebing pantai, diseret dan ditelan ombak yang memakan korban luka hingga tewas.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)