120 Personel Basarnas Manado Disebar untuk Siaga Mudik Lebaran

Selasa, 18 April 2023 - 11:47 WIB
loading...
120 Personel Basarnas Manado Disebar untuk Siaga Mudik Lebaran
Sebanyak 120 personel Basarnas Manado, disiagakan untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang tengah melaksanakan mudik lebaran, Basarnas Manado mengarahkan sebanyak 120 personel di sejumlah titik rawan. Setiap hari, personel SAR ini disiagakan penuh di berbagai wilayah Sulawesi Utara.



Wilayah Sulawesi Utara, terdiri dari banyak kepulauan sehingga diperlukan kewaspadaan bersama mengingat cuaca saat ini kurang baik. Kepala Basarnas Manado, Monce Brury mengatakan, pelaksanaan siaga khusus Basarnas berlangsung selama 21 hari, yakni 13 April-3 Mei 2023.



"Kami mengimbau kepada masyarakat baik yang menggunakan moda transportasi laut maupun darat, agar memperhatikan kondisi cuaca. Terlebih khusus bagi para pengguna kapal, pemilik kapal, agen-agen kapal untuk memperhatikan peralatan keselamatan yang ada di di atas kapal," tutur Monce.



Monce juga mengimbau untuk tidak mengangkut muatan yang berlebihan di atas kapal. Pihaknya akan berkoordinasi dengan KSOP, para pemangku kepentingan yang berada di pelabuhan agar tidak membludak. "Artinya kalau mau mudik, jauh-jauh hari sebelum hari H sehingga tidak ada penumpukan. Alangkah baiknya melaksanakan mudik sebelum hari H," ujarnya.

Untuk yang menggunakan transportasi darat, Monce mengimbau agar memperhatikan kendaraan serta pengemudi memperhatikan fisik dan kesiapan kendaraan itu sendiri. "Bagi rekan-rekan yang melaksanakan mudik, kemudian ada kondisi yang membahayakan agar menghubungi Basarnas lewat call center 115 dengan cara telepon kode wilayah kemudian 115, operator akan siap 24 jam setiap hari," katanya.

120 Personel Basarnas Manado Disebar untuk Siaga Mudik Lebaran




Basarnas Manado saat ini sudah menempatkan beberapa pos SAR seperti di Tahuna, Amurang, Kotamubagu, Likupang, Malalayang, dan satu Kapan Negara (KN) SAR Bima Senadisiagakan di Pelabuhan Serai Likupang, untuk menjamin kenyamanan pemudik atau liburan bersama keluarga.

Dari segi peralatan pendukung operasi SAR, sudah siap untuk di gunakan apabila terjadi operasi SAR. Siaga lebaran dilaksanakan serentak seluruh kantor Basarnas yang ada di UPT (Unit Pelaksana Tugas). "Basarnas Manado menyiagakan seluruh personel yang menyebar di wilayah Sulawesi Utara, baik di Likupang, Manado, Amurang, Kotamobagu, dan Tahuna," ucapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)