Cirebon 2 Kali Alami Gempa Tektonik, Ini Analisis BMKG

Kamis, 15 Juni 2023 - 11:31 WIB
loading...
Cirebon 2 Kali Alami Gempa Tektonik, Ini Analisis BMKG
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua kali kejadian gempa bumi di wilayah Cirebon pada pagi ini, Kamis (15/6/2023). (Ist)
A A A
CIREBON - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua kali kejadian gempa bumi di wilayah Cirebon pada pagi ini, Kamis (15/6/2023). Gempa bumi tektonik tersebut terjadi akibat pergerakan pada sesar Cirebon.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi beruntun sebanyak 2 kali dengan parameter update pada pukul 06:20:20 dan 07:25:19 WIB berkekuatan M=2,9 dan M=3.2.

Episenter gempa bumi pertama terletak pada koordinat 6.78 LS dan 108.62 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 11 Km Tenggara Kota Cirebon, Jawa Barat pada kedalaman 5 km.

Kemudian episenter gempa bumi kedua terletak pada koordinat 6.79 LS dan 108.62 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kota Cirbeon, Jawa Barat pada kedalaman 7 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cirebon," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Cirebon dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca: Satgas TPPO Polda Lampung Segel Rumah Penampungan CPMI asal NTB di Bogor.

Di Palimanan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)